Pegawai KPK Gadungan Tertangkap Usai Diduga Peras PNS Bogor

Mobil Porsche disita dari pegawai gadungan tersebut

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap pegawai gadungan. Mereka diduga memeras PNS Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Juru Bicara KPK, Tessa Mahardika, mengatakan penangkapan itu bermula dari informasi salah satu PNS Kabupaten Bogor. PNS itu melaporkan ada sosok bernama Yusup Sulaeman yang mengaku pegawai KPK melakukan pemerasan.

"Pejabat tersebut diminta sejumlah uang oleh orang dimaksud," ujar Tessa dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2024).

Kemudian, KPK menerjunkan tim yang terdiri dari Penyelidik, Penyidik, dan Inspektorat. Tim tersebut memastikan apakah orang tersebut benar-benar merupakan pegawai KPK atau bukan.

"Setelah orang tersebut diketahui menerima uang dari pelapor, tim mengamankan orang dimaksud di rumah makan Mang Kabayan, Kabupaten Bogor sekitar pukul 13.30 WIB," ujarnya.

Setelah itu, tim KPK bergerak ke rumah pelaku di Perumahan Villa Bogor Indah. Lalu, dia dibawa ke Gedung Merah Putih KPK.

"Dari hasil klarifikasi tersebut, didapat kesimpulan sementara orang tersebut bukan merupakan pegawai KPK dan hanya beroperasi sendiri," ujarnya.

Ada sejumlah barang bukti yang ditemukan. Mulai dari uang Rp300 juta, iPhone, dan mobil Porsche.

"Selanjutnya yang bersangkutan beserta uang, barang, dan kendaraannya, akan diserahkan KPK kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polres Bogor," ujar Tessa.

Baca Juga: KPK 6 Jam Geledah Kantor Damkar Semarang, Pulang Bawa 3 Koper

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya