PDIP Siapkan Risma, Azwar Annas dan  Pramono Anung untuk Pilkada Jatim

PDIP sebut punya banyak kandidat, prosesnya masih dinamis

Intinya Sih...

  • PDI Perjuangan memiliki banyak kader potensial untuk diusung dalam Pilkada Jawa Timur, termasuk Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.
  • Partai tinggal merumuskan kerja sama politik dengan partai lain seperti PKB dan Partai Gerindra yang sudah memberikan dukungan untuk beberapa wilayah Jawa Timur.
  • Proses komunikasi masih dilakukan untuk menentukan nama-nama yang akan diusung dalam PIlkada Jawa Timur, karena Jawa Timur sejak Februari 2024 tak memiliki gubernur definitif.

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya memiliki banyak kader potensial untuk diusung dalam Pilkada Jawa Timur. Beberapa di antaranya adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PAN-RB Azwar Annas, hingga Sekretris Kabinet Pramono Anung.

"Misalnya dari kalangan menteri ada Ibu Risma, ada Pak Abdullah Azwar Annas, ada Pak Pramono Anung, ini laris manis ada yang ngusung di Jakarta ada yang ngusulkan di Jawa Timur," ujar Hasto saat ditemui di Senayan, Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Baca Juga: PDIP: Ada Usul Andika Perkasa dan Hendrar Pihadi di Pilkada Jateng

1. Ada nama Bupati Trenggalek, Sumenep, dan Banyuwangi

PDIP Siapkan Risma, Azwar Annas dan  Pramono Anung untuk Pilkada JatimSekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, ada pula Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau Gus Ipin,  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, serta Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Menurutnya, PDIP tinggal merumuskan kerja sama politik dengan partai lain.

"Misalnya kami komunikasi dengan PKB, kami komunikasi juga dengan Partai Gerindra yang sudah memberikan dukungan untuk beberapa wilayah Jawa Timur," ujarnya.

2. Hasto sebut proses masih dinamis

PDIP Siapkan Risma, Azwar Annas dan  Pramono Anung untuk Pilkada JatimSekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Hasto mengatakan, nama-nama yang akan diusung dalam PIlkada Jawa Timur belum pasti. Sebab, proses komunikasi masih dilakukan.

"Ini proses yang sangat dinamis," ujarnya.

3. Adhy Karyono jabat Penjabat Gubernur Jatim

PDIP Siapkan Risma, Azwar Annas dan  Pramono Anung untuk Pilkada JatimPenjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono membuka kegiatan Indonesian Oil & Gas Supply Chain Management Summit 2024 (IOG SCM Summit 2024) di Hotel Westin, Surabaya, Senin (10/6). (dok. Pemprov Jatim)

Jawa Timur sejak Februari 2024 tak memiliki gubernur definitif karena kebijakan PIlkada serentak 2024. Untuk mengisi kekosongan jabatan, Sekda Jatim Adhy Karyono ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur.

Pilkada Jawa Tengah rencananya akan digelar Rabu, 27 November 2024. Sejumlah partai politik saat ini belum ada yang resmi mengajukan pasangan calon untuk ikut kontestasi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya