PDIP: Ada Usul Andika Perkasa dan Hendrar Pihadi di Pilkada Jateng

Keputusan belum final

Intinya Sih...

  • PDIP masih mempertimbangkan sejumlah nama untuk diusung dalam Pilkada Jawa Tengah 2024, termasuk mantan Panglima TNI Andika Perkasa.
  • Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto melakukan kajian berdasarkan survei internal partai, termasuk nama Hendrar Prihadi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.
  •  

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan (PDIP) masih mengkaji sejumlah nama untuk diusung dalam Pilkada Jawa Tengah 2024. 

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan, salah satu nama yang diusulkan untuk ikut Pilkada Jawa Tengah adalah mantan Panglima TNI Andika Perkasa.

"Jawa Tengah juga sama Pak Andika misalnya, selain di Jakarta itu juga ada yang mengusulkan di Jawa Tengah," ujar Hasto saat ditemui di Senayan, Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Baca Juga: Politikus PDIP Pertanyakan PDNS 2 Diretas Terkait Satgas Judi Online

1. Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga diusulkan

PDIP: Ada Usul Andika Perkasa dan Hendrar Pihadi di Pilkada JatengSekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Hasto mengatakan, Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersama Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul telah melakukan kajian berdasarkan survei internal partai. Selain Andhika, nama yang muncul adalah mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

"Salah satunya di Jawa Tengah ada Pak Hendi juga ya," ujar Hasto.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Hasto Kristiyanto Dicopot dari Sekjen PDIP?

2. Kapolda Jateng kerap berkomunikasi dengan kepala derah PDIP

PDIP: Ada Usul Andika Perkasa dan Hendrar Pihadi di Pilkada JatengKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (Dok. Humas Polda Jateng)

Selain Hendrar Prihadi, nama yang disebut akan ikut Pilkada Jawa Tengah adalah  Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Hasto mengatakan, Luthfi kerap menjalin komunikasi dengan kepala daerah dari PDIP.

"Yang saya dengar karena kapasitas beliau sebagai Kapolda secara rutin secara fungsional itu kan juga sering bertemu dengan kepala kepala daerah dari PDI Perjuangan," ujarnya.

Baca Juga: Anggota F-PDIP Kritik Keras Kebocoran PDNS 2: Ini Kebodohan Nasional!

3. Nana Sudjana jabat Penjabat Gubernur Jateng

PDIP: Ada Usul Andika Perkasa dan Hendrar Pihadi di Pilkada JatengPj Gubernur Jateng Nana Sudjana membacakan SK pengangkatan pengurus FKUB Jateng periode 2024-2029. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Adapun Jawa Tengah sejak 2023 tak memiliki gubernur definitif karena PIlkada Serentak 2024. Untuk mengisi kekosongan jabatan, Komjen Purnawirawan Nana Sudjana ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur.

Pilkada Jawa Tengah rencananya akan digelar Rabu, 27 November 2024. Sejumlah partai politik saat ini belum ada yang resmi mengajukan pasangan calon untuk ikut kontestasi.

Baca Juga: KPK Buka Peluang Jerat Hasto dan Stafnya dengan Pasal Perintangan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya