Nama Koalisi Ridwan Kamil-Suswono: Jakarta Baru untuk Jakarta Maju

Koalisi pendukung Ridwan Kamil terdiri dari 12 partai

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suswono resmi dideklarasikan maju Pilkada Jakarta 2024. Mereka menamai koalisi dan slogannya dengan sebutan Jakarta Baru untuk Jakarta Maju.

Ridwan Kamil mengatakan, nama koalisi diambil untuk menjawab pertanyaan seluruh dunia. Sebab, Jakarta sudah tak lagi menjadi ibu kota.

"Kenapa namanya Jakarta Baru? Karena ini pertanyaan seluruh dunia, Jakarta mau ke mana setelah tak jadi ibu kota? Ini adalah momen bersejarah yang harus dijawab," ujar Ridwan Kamil di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Koalisi ini terdiri dari 12 partai. Menurutnya, hak ini akan menguntungkan warga Jakarta.

"Tentunya dengan koalisi yang sama dengan pemerintah pusat, siapa yang diuntungkan? Bukan kami berdua, tapi warga Jakarta," ujarnya.

Ridwan Kamil-Suswono didukung sejumlah partai. Antara lain Gerindra, Golkar, PKS, NasDem, PKB, PSI, Demokrat, PAN, Perindo, dan PPP.

Lalu, ada juga dua partai yang tak lolos parlemen, yakni Partai Garuda dan Gelora.

Hanya PDI Perjuangan yang belum menentukan sikap dalam Pilkada Jakarta. Di DPRD DKI Jakarta, PDIP meraih 15 kursi.

Untuk dicalonkan, pasangan gubernur dan wakil gubernur harus mengumpulkan setidaknya 22 kursi partai politik di DPRD DKI Jakarta. Dengan begitu, PDIP tak bisa mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur sendirian.

Baca Juga: Ridwan Kamil Diusung 12 Partai, Adian: PDI Perjuangan Not For Sale!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya