Mulai Kampanye, Mahfud MD Bicara Sejarah Aceh bagi Kemerdekaan Bangsa

Mahfud mulai kampanye di Aceh, Ganjar Pranowo di Merauke

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD memulai kampanye perdana dari Provinsi Aceh. Pria yang menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemananan itu mengunjungi Desa Jaboi, Sukajaya, Sabang, Aceh.

Di sana, Mahfud bertemu sejumlah warga yang telah menantinya.

Baca Juga: Eks Anggota Komnas HAM hingga Limbat Jadi Juru Kampanye Ganjar-Mahfud

1. Mahfud sebut Aceh punya peran dalam kemerdekaan

Mulai Kampanye, Mahfud MD Bicara Sejarah Aceh bagi Kemerdekaan BangsaCalon Wakil Presiden Mahfud MD saat kampanye di Aceh (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dalam sambutannya, Mahfud mengungkapkan Nusantara terdiri dari berbagai pulau, beragam bahasa, dan suku bangsa. Persatuan dari masing-masing daerah dan suku bangsa sama-sama berjuang demi kemerdekaan RI.

"Terutama untuk mengenang bangsa Aceh, rakyat Aceh yang dulu disebut bangsa Aceh kemudian sekarang menjadi bagian dari Bangsa Indonesia bersama suku bangsa yang lain untuk membangun Indonesia secara bersama-sama," ujar Mahfud, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga: Kenaikan UMP Aceh 2024 Tak Sampai Rp50 Ribu

2. Mahfud sebut Aceh berkontribusi besar pada kemerdekaan

Mulai Kampanye, Mahfud MD Bicara Sejarah Aceh bagi Kemerdekaan BangsaCalon Wakil Presiden Mahfud Md saat kampanye di Ace (Dok.IDN Times/istimewa)

Menurutnya, Aceh punya kontribusi sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bahkan kontribusi itu jadi modal utama.

"Aceh selain tempat pelabuhan juga dikenal sebagai tempat kepahlawanan ketika berani melawan penjajah melalui perang yang tidak berkesudahan sejak tahun 1873 bahkan di Aceh pula penjajah yang dipimpin oleh Jenderal Kohler itu terbunuh ketika akan mencoba merebut Masjid Baiturrahman," ujar Mahfud.

Baca Juga: Ganjar Kampanye Program Satu Desa Satu Puskesmas di Merauke

3. Ganjar mulai kampanye dari Merauke

Mulai Kampanye, Mahfud MD Bicara Sejarah Aceh bagi Kemerdekaan BangsaGanjar Pranowo memulai kampanyenya di Merauke, Papua (IDN Times/Istimewa)

Seperti diketahui, masa kampanye Pemilu 2024 sudah dimulai. Saat Mahfud memulai kampanye dari Aceh, calon presiden Ganjar Pranowo mulai kampanye di Marauke.

Masa Kampanye akan berlangsung selama 75 hari, hingga 10 Februari 2024.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya