Muhaimin Iskandar Diperiksa KPK Hari Ini

Cak Imin janji datang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi hari ini. Ia akan diperiksa sebagai saksi dugaan korupsi sistem proteksi TKI di Kementerian Tenaga Kerja.

"Yang bersangkutan dipanggil oleh penyidik untuk didengar keterangannya sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi yang dilakukan tersangka di Kemenakertrans tahun 2012," ujar Ketua KPK Firli Bahuri, Kamis (7/9/2023).

1. Firli tegaskan KPK independen

Muhaimin Iskandar Diperiksa KPK Hari IniKetua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Firli menegaskan bahwa KPK adalah lembaga hukum. Ia menjamin tindakan yang dilakukan KPK independen yang tidak terpengaruh pihak manapun.

"Negara indonesia adalah negara hukum karena itu hukum adalah panglima," ujarnya.

Baca Juga: 5 Kontroversial Terkait Cak Imin yang  Kini Jadi Cawapres Anies

2. Cak Imin janji datang

Muhaimin Iskandar Diperiksa KPK Hari IniKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar berziarah ke makam mantan Ketua DPR Taufik Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (25/9/2022) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Cak Imin memastikan bakal memenuhi panggilan KPK kali ini. Ia seharusnya sudah diperiksa KPK, namun tertunda karena tak bisa hadir.

"Saya besok datang, nanti kita lihat, saya siap memberi keterangan apa pun permintaannya KPK," ujar Muhaimin di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

3. Ada tiga tersangka dalam kasus ini

Muhaimin Iskandar Diperiksa KPK Hari IniIlustrasi Koruptor. (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui, ada tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Hanya saja, identitas mereka belum diungkapkan kepada publik.

Kasus ini diduga membuat negara merugi hingga miliaran rupiah. Namun, jumlah pastinya belum diketahui karena masih dalam proses penyidikan.

Baca Juga: PKB: Cak Imin Akan Penuhi Panggilan KPK Besok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya