Menkominfo Akui Ada Gangguan Pusat Data Nasional, Layanan Terdampak

Layanan pemerintah yang pakai PDN terdampak

Intinya Sih...

  • Menteri Kominfo akui gangguan pada Pusat Data Nasional, sejumlah layanan publik terdampak
  • Budi Arie memastikan pemulihan secara optimal sedang dilakukan
  • Dirjen Imigrasi menyatakan semua layanan pemerintahan yang menggunakan PDN mengalami gangguan, termasuk Imigrasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengakui adanya gangguan pada Pusat Data Nasional. Hal ini menyebabkan sejumlah layanan publik terdampak.

Salah satu dampaknya dibagikan oleh pengguna media sosial X atau Twitter. Terlihat antrean penumpang mengular di Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik," ujar Budi Arie kepada IDN Times, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Menkominfo Ajukan Tambahan Anggaran Rp12,3 T untuk Program 2025

1. Pemulihan sedang dilakukan

Menkominfo Akui Ada Gangguan Pusat Data Nasional, Layanan TerdampakMenkominfo RI Budi Arie usai rapat kerja bersama Komisi I DPR RI. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Umum Projo itu mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemulihan secara bertahap. Ia menjamin tim bekerja secara optimal.

"Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan," ujarnya.

2. Layanan pemerintah yang pakai PDN terdampak

Menkominfo Akui Ada Gangguan Pusat Data Nasional, Layanan TerdampakPenangkapan DPO WN Italia berinisial AG oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta (dok. Ditjen Imigrasi Kemenkumham)

Sementara itu, Dirjen Imigrasi Silmy Karim mengatakan, dampak dari masalah tersebut bukan terjadi pada Imigrasi saja. Sebab, semua layanan pemerintahan yang menggunakan pusat data nasional (PDN) mengalami gangguan.

"Semua layanan pemerintah yang menggunakan PDN saat ini juga tidak bisa melayani," ujarnya.

3. Kemenhub pastikan penerbangan tidak terdampak

Menkominfo Akui Ada Gangguan Pusat Data Nasional, Layanan TerdampakBandara Soekarno-Hatta. (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Terpisah, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati memastikan, tidak ada penerbangan terdampak dari masalah tersebut. Meski begitu, penumpang diminta datang lebih awal untuk mengantisipasi.

"Semua masih on schedule," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya