Mengenal Sikdam Hisam Gayo, Caleg DPR RI Tunanetra dari PPP

Sikdam tengah berjuang ke Senayan dari Dapil Aceh 2

Jakarta, IDN Times - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono memanggil seorang kadernya ke atas panggung usai berpidato di hadapan para calon legislatif (caleg) DPR RI. Sosok yang dipanggil ke atas panggung adalah Sikdam Hisam Gayo.

Sikdam adalah caleg DPR RI dari Dapil Aceh 2 yang mengalami tunanetra. Ia naik ke atas panggung dengan tongkat dan didampingi seseorang.

Mardiono mengatakan, Siqdam merupakan sosok yang langka. Sebab, Sikdam punya semangat tinggi menjadi anggota DPR meski punya keterbatasan.

"Ini beliau sendiri yang minta kepada saya agar saya bisa mencalonkan anggota DPR RI dari Dapil kampung saya yaitu di Aceh," ujar Mardiono di Ancol, Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga: Anies Klaim Dekat Akar Rumput PPP, Sandi: Fenomena Biasa

1. Mardiono setujui pencalegan Sikdam karena PPP tak diskriminatif

Mengenal Sikdam Hisam Gayo, Caleg DPR RI Tunanetra dari PPPPlt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiyono bersama Caleg DPR RI Tuna Netra PPP dari Aceh, Sikdam (IDN Times/Aryodamar)

Mardiono mengatakan, PPP bukan partai yang diskriminatif. Oleh karena itu, ia menyetujui Sikdam menjadi caleg DPR RI PPP dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

"Karena PPP bukan partai yang diskriminatif, maka kita buktikan dengan kita memberikan ruang kaum disabilitas tanpa kita batasi," ujarnya.

Baca Juga: Mardiono PPP: Pasang Baliho dan Gambar di Bawah Pohon Sudah Gak Zaman!

2. Sikdam menjadi tunanetra 13 tahun lalu

Mengenal Sikdam Hisam Gayo, Caleg DPR RI Tunanetra dari PPPCaleg DPR RI Tuna Netra PPP dari Aceh, Sikdam (IDN Times/Aryodamar)

Sikdam mengaku terlahir normal. Namun, ia mengalami kecelakaan yang membuatnya mengalami kebutaan pada 13 tahun lalu.

Awalnya ia sempat merasa peristiwa itu adalah musibah. Belakangan, ia menggap hal itu menjadi berkah.

"13 tahun yang lalu saya sempat bilang sama Allah bahwa menjadi buta adalah suatu musibah dan bencana besar dalam hidup saya. Tapi hari ini dengan bangga dan bersyukur saya bilang menjadi tunanetra adalah berkah luar biasa yang pernah saya dapatkan dari Allah," ujarnya.

Baca Juga: PPP Pede Raih 11 Juta Suara dan 50 Kursi DPR RI pada Pileg 2024

3. Sikdam bisa meraih mimpinya setelah menjadi tunanetra

Mengenal Sikdam Hisam Gayo, Caleg DPR RI Tunanetra dari PPPPlt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiyono bersama Caleg DPR RI Tuna Netra PPP dari Aceh, Sikdam (IDN Times/Aryodamar)

Sikdam mengatakan, bisa meraih satu per satu mimpinya sejak menjadi tunanetra. Bahkan, ia bisa mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

"Karena lewat tunanetra lah saya bisa mengejar mimpi saya satu per satu, lewat tunanetra lah saya bisa membahagiakan keluarga saya. Dan hal yang tak saya impikan sebelumnya adalah justru karena menjadi tuna netra saya bisa mengharumkan negara tercinta saya di forum internasional," ujarnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya