Megawati Usul KPK Dibubarkan, Novel: Saya Yakin Itu Sindiran

Jokowi seharusnya memperbaiki KPK

Jakarta, IDN Times - Eks Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menanggapi pernyataan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang meminta Presiden Joko "Jokowi" Widodo membubarkan KPK. Novel yakin pernyataan itu adalah sindiran.

"Saya yakin apa yang disampaikan oleh ibu Megawati adalah sindirian karena KPK bekerja tidak efektif yang justru bermasalah (banyak korupsi di internal KPK)," ujar Novel kepada wartawan, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga: Megawati Usul ke Jokowi untuk Bubarkan KPK, Kenapa?

1. Megawati dinilai sindir Firli saat membenarkan posisi dasi

Megawati Usul KPK Dibubarkan, Novel: Saya Yakin Itu SindiranMegawati rapikan dasi Ketua KPK, Firli Bahuri, saat tiba sebelum mengikuti Sidang Tahunan MPR RI 2023. (youtube.com/DPR RI)

Menurut Novel, sindiran kepada KPK tersebut bukan pertama kali dilakukan Megawati. Ia menilai Megawati juga sedang menyindir saat membetulkan posisi dasi Ketua KPK Firli Bahuri.

"Di mata publik itu mestinya diartikan sebagai ada yang salah dari Pimpinan KPK dan perlu diperbaiki," ujarnya.

Baca Juga: KPK Ungkap Kerawanan Korupsi Jelang Tahun Politik

2. Jokowi seharusnya perbaiki KPK

Megawati Usul KPK Dibubarkan, Novel: Saya Yakin Itu SindiranPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua KPK Firli Bahuri tiba untuk menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (9/12/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Novel menilai sudah seharusnya Jokowi memperbaiki KPK. Ia meminta Jokowi membubarkan KPK jika tidak mau memperbaikinya.

"Tetapi kita harus mencermati bahwa tanggung jawab negara untuk memberantas korupsi harus tetap dilakukan walaupun dengan 'alat' yang baru," ujarnya.

Baca Juga: Heran Hukuman Sambo Disunat MA, Megawati: Hukum Apa Ya Sekarang?

3. Megawati ungkap pernah minta Jokowi bubarkan KPK

Megawati Usul KPK Dibubarkan, Novel: Saya Yakin Itu SindiranKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Tata Firza)

Sebelumnya, Megawati mengukapkan pernah mengusulkan KPK dibubarkan kepada Presiden Jokowi. Sebab, KPK saat ini tidak efektif memberantas korupsi.

"Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, 'sudah deh, bubarin aja KPK itu, Pak', jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong ces pleng," ujar Megawati dalam Acara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya