KPK Berharap Pansel Capim 2024 Lahirkan Pemimpin Berintegritas

Pansel Capim KPK dipimpin Kepala BPKP

Intinya Sih...

  • KPK berharap pansel capim bekerja proaktif dan independen, serta melahirkan calon pimpinan yang berintegritas dan profesional dalam pemberantasan korupsi.
  • Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menolak tanggapan terkait pembentukan pansel, namun berharap hasilnya menghasilkan pimpinan KPK yang bertanggung jawab.

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap panitia seleksi calon pimpinan (pansel capim) yang baru dibentuk bekerja proaktif menyerap saran, masukan dari publik. Sebab, mereka yang akan merasakan dampaknya.

"Dengan demikian, pansel nantinya akan melahirkan calon-calon pimpinan dan dewas KPK yang punya rekam jejak dan komitmen tinggi terhadap pemberantasan korupsi, berintegritas, bebas dari konflik kepentingan, dan professional dalam melaksanakan tugas-tugas pemberantasan korupsi," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga: Belajar dari Firli, Pansel Capim KPK Harus Perhatikan Rekam Jejak

1. Pansel diyakini paham masalah KPK

KPK Berharap Pansel Capim 2024 Lahirkan Pemimpin BerintegritasJubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

KPK berharap pansel capim bekerja dengan independen dan optimal. Hal ini penting untuk pemberantasan korupsi yang efektif.

"Kami meyakini, pansel memahami problematika pemberantasan korupsi saat ini, sekaligus tantangan-tantangan ke depannya, termasuk kebutuhan penguatan regulasi ataupun kelembagaannya agar fungsi-fungsi pemberantasan korupsi bisa lebih berdampak nyata bagi masyarakat," tutur Ali.

Baca Juga: Mensesneg: Pansel Capim KPK Ditargetkan Bertugas hingga 20 Desember

2. Wakil Ketua KPK Johanis Tanak belum tentukan sikap

KPK Berharap Pansel Capim 2024 Lahirkan Pemimpin BerintegritasWakil Ketua KPK, Johanis Tanak (IDN Times/Aryodamar)

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak enggan menanggapi pembentukan pansel oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo karena merupakan hak prerogatif. Namun, ia berharap pansel melahirkan pimpinan KPK yang berintegritas dan bertanggung jawab.

"Khususnya dalam memberantas tipikor, sehigga pembangunan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera," ujarnya.

Di sisi lain, Johanis Tanak masih belum menentukan kembali mendaftar calon pimpinan KPK periode berikutnya atau tidak. Ia mengatakan, masih fokus dengan tugasnya saat ini

"Nanti kita lihat gimana yang terbaik," ujarnya.

3. Daftar lengkap pansel capim KPK 2024

KPK Berharap Pansel Capim 2024 Lahirkan Pemimpin BerintegritasKepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh ketika berada di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya meneken Keputusan Presiden pembentukan pansel capim KPK. Pansel dipimpin Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh. Sedangkan, wakilnya adalah Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arief Satria. 

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengatakan Keppres sudah diteken Jokowi, maka anggota pansel capim KPK itu langsung bekerja mulai Juni 2024. Dia mengatakan akan mengundang ketua dan anggota pansel untuk bekerja. 

Berikut daftar lengkap pansel capim KPK yang akan memilih pimpinan periode 2024 hingga 2029:

Ketua pansel dan anggota: Muhammad Yusuf Ateh (Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan)

Wakil Ketua dan anggota: Arief Satria (Rektor IPB dan Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia)

Anggota:

  • Ivan Yustiavandana (Ketua Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan)
  • Nawal Nely (Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko di Kementerian BUMN)
  • Ahmad Erani Yustika (Kepala Sekretariat Wapres)
  • Ambeg Paramarta (Kepala Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM di Kementerian Hukum dan HAM)
  • Elwi Danil (Ahli hukum pidana dari Universitas Andalas, Padang)
  • Rezki Sri Wibowo (mantan Deputi Director Transparency International Indonesia)
  • Taufik Rachman (akademisi di Universitas Airlangga).

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya