Ketua KPK Lantik Pejabat Diam-Diam Sehari Usai Diperiksa Polisi

Firli lantik Direktur Penuntutan dan Direktur Korsup

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, diam-diam melantik dua pejabat di internal. Ini merupakan kemunculan pertamanya setelah menghilang usai pemeriksan polisi dalam dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Pelantikan berlangsung tertutup, namun ditayangkan lewat YouTube KPK. Adapun dua pejabat yang dilantik adalah Bima Suprayoga sebagai Direktur Penuntutan dan Edi Suryanto sebagai Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah 1.

"Pagi hari ini kita mengikuti salah satu rangkaian pengangkatan sumber daya manusia, pegawai KPK khususnya bersumber dari pegawai ASN," kata Firli dalam sambutannya di acara pelantikan itu, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Abraham Samad: Firli Idealnya Nonaktif Dulu Jadi Ketua KPK

1. Firli berharap dua pegawai yang dilantik bekerja maksimal

Ketua KPK Lantik Pejabat Diam-Diam Sehari Usai Diperiksa PolisiKetua KPK Firli Bahuri menggelar apel awal tahun pada Senin (3/1/2022). (dok. KPK)

FIrli berharap kedua pegawai yang baru dilantik itu bisa bekerja dengan baik. Tak hanya itu, ia juga mengajak kedua pegawai tersebut bekerja dengan maksimal.

"Kita berharap dua pejabat yang telah kita lantik akan memberikan kontribusi besar dalam upaya memberantas korupsi," ujarnya.

Baca Juga: Abraham Samad Bicara soal Ketua KPK, Korupsi, hingga Dinasti Yasin Limpo

2. Firli diperiksa 7 jam terkait dugaan pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Ketua KPK Lantik Pejabat Diam-Diam Sehari Usai Diperiksa PolisiFirli Bahuri jalani pemeriksaan terkait kasus pemerasan SYL. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Firli akhirnya memenuhi panggilan polisi dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Ia diperiksa selama 7 jam di Bareskrim Mabes Polri.

Setelah pemeriksaan, polisi menyita sejumlah dokumen terkait kasus ini dari KPK. Ia pun keluar tanpa jejak.

Baca Juga: Firli Bahuri Akui Bertemu Syahrul Yasin Limpo Maret 2022

3. Polda Metro Jaya usut dugaan pemerasan pimpinan KPK

Ketua KPK Lantik Pejabat Diam-Diam Sehari Usai Diperiksa Polisi(IDN Times/Irfan Fathurohman)

Diketahui, Polda Metro Jaya saat ini mengusut dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah pihak sudah diperiksa polisi, termasuk Syahrul.

Kasus ini telah naik ke tahap penyidikan. Namun, belum ada sosok yang ditetapkan sebagai tersangka.

Firli pun mengakui sempat bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo. Namun, menurutnya pertemuan berlangsung saat politikus NasDem itu belum berperkara di KPK.

Baca Juga: Firli Bahuri Tanda Tangani Surat Penangkapan Syahrul Yasin Limpo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya