Ketua KPK Jamin Kaesang dan Bobby akan Diklarifikasi soal Jet Pribadi

KPK masih telaah laporan

Intinya Sih...

  • Ketua sementara KPK memastikan Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution akan diklarifikasi terkait penggunaan jet pribadi.
  • Proses klarifikasi keduanya sedang dilakukan oleh Direktorat Penerimaan Layanan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK.

Jakarta, IDN Times - Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango memastikan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep dan kakak iparnya yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution diklarifikasi soal private jet atau jet pribadi. Hal ini tengah menjadi sorotan publik.

“Iya pasti (diklarifikasi), cuma apakah harus dipanggil duluan atau belakangan itu bisa dilihat nanti,” ujar Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Baca Juga: Budi Arie Bungkam soal Kaesang dan Fufufafa: Nanti Saya Keceplosan

1. KPK masih telaah laporan

Ketua KPK Jamin Kaesang dan Bobby akan Diklarifikasi soal Jet PribadiKetua KPK Nawawi Pomolango tegaskan KPK tetap jadwalkan pemeriksaan ke Kaesang meski bukan pejabat publik. (IDN Times/Amir Faisol)

Saat ini keduanya masih dalam proses di Direktorat Penerimaan Layanan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM). Nawawi menyerahkan proses yang tengah dilakukan anak buahnya.

“Sampai saat ini masih terus dilakukan penelaahan,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Sita Rumah Rp3,5 M di Jaksel, Terkait Cuci Uang Gubernur Malut

2. Kaesang dua kali dilaporkan ke KPK

Ketua KPK Jamin Kaesang dan Bobby akan Diklarifikasi soal Jet PribadiKetua Umum PSI, Kaesang Pangarep (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kaesang diketahui viral beberapa waktu lalu karena penggunaan jet pribadi saat terbang ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono. Bahkan, hal itu membuatnya dilaporkan dua kali ke KPK.

Laporan pertama dilayangkan Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI). Dalam laporannya, mereka melampirkan bukti berupa dokumen nota kesepakatan antara Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo sekaligus kakak Kaesang dengan e-Commerce Shopee terkait kerja sama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Mengirimkan dokumen MoU antara Pemerintah Kota Solo yang ditandatangani oleh Gibran Rakabuming Raka pada 23 April 2021 dengan pihak PT Shopee Internasional Indonesia yang isinya adalah perjanjian kerja sama pengembangan UKM di Solo," ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, Rabu (28/8/2024).

Laporan kedua dilayangkan Dosen Universitas Negeri (UNJ) Jakarta, Ubedilah Badrun. Ia pun menyoroti gaya hidup mewah yang ditunjukkan Kaesang.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Gagal Jadi Pimpinan Lagi

3. Bobby Nasution juga disorot karena private jet

Ketua KPK Jamin Kaesang dan Bobby akan Diklarifikasi soal Jet PribadiWali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ungkap peran besar Jokowi untuk maju Pilgub Sumut 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Tak berhenti pada Kaesang, sorotan publik juga tertuju pada Bobby Nasution. Bobby sempat terekam memakai private jet beberapa waktu lalu.

Secara terpisah, Bobby mengakuinya. Ia mengaku siap untuk diklarifikasi

Baca Juga: KPK Batal Klarifikasi Kaesang-Bobby, Pakar: Dampak dari Revisi UU

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya