Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan Paus

Bobby Nasution dan Kaesang jadi sorotan publik

Intinya Sih...

  • Bobby Nasution dan Kaesang viral karena foto menggunakan private jet
  • Paus Fransiskus tiba di Indonesia dengan pesawat komersial, menolak tinggal di hotel mewah
  • KPK akan mengecek kebenaran foto Bobby Nasution, serta menyurati dan meminta klarifikasi dari Kaesang terkait penggunaan private jet

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Medan, Bobby Nasution, kini menjadi sorotan publik setelah fotonya yang diduga memakai private jet viral di media sosial. Adik iparnya, Kaesang Pangarep, sebelumnya juga viral karena hal yang sama.

Sorotan dua anggota keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu berbanding terbalik dengan sikap Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus. Dia menjadi sorotan ketika datang ke Indonesia karena  hanya mau naik pesawat komersial, pakai Toyota Innova Zenix, hingga tak menginap di hotel.

1. Gaya hidup mewah Kaesang-Bobby berbanding terbalik dengan Paus

Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan PausPaus Fransiskus melambaikan tangan saat melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (3/9/2024). (ANTARA FOTO/)Dhemas Reviyanto)

Paus Fransiskus tiba di Indonesia menggunakan pesawat komersial ITA Airways, berjenis Airbus A330neo, pada Selasa (2/9/2024). Dia terbang langsung dari Bandara Fiumicino, Roma, Italia, menuju Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Indonesia merupakan negara pertama yang disambangi Paus dalam tur Asia. Turut serta pula tiga jurnalis Indonesia dalam rombongan tur Paus, yang berasal dari Harian Kompas, Tempo, dan Rakyat Merdeka.

Baca Juga: Cerita Warga Indonesia Kagum Melihat Kesederhanaan Paus Fransiskus 

2. Paus tinggal di Kedubes Vatikan

Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan PausSuasana sekitar Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Di Indonesia, Paus memilih tinggal di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. Dia tak mau tinggal di hotel mewah.

Selain itu, Paus juga meminta agar disediakan mobil seperti layaknya warga biasa. Sehingga, Paus naik mobil Toyota Innova Zenix , bahkan duduk di samping kursi sopir.

Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan PausGrafis Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan Paus (IDN Times/Muhammad Surya)

3. Publik soroti Bobby Nasution naik private jet

Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan PausWali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ungkap peran besar Jokowi untuk maju Pilgub Sumut 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Di saat bersamaan, publik juga menyoroti Bobby Nasution. Fotonya yang diduga memakai private jet beredar viral di media sosial.

KPK pun akan mengecek kebenaran foto tersebut dan menelaahnya. Sementara itu, Bobby Nasution mengklaim penggunaan private jet tak terkait korupsi maupun dari APBD, bahkan siap diperiksa.

Baca Juga: Ketua KPK Perintahkan Pengusutan Bobby Nasution Gunakan Jet Pribadi

4. Kaesang juga disorot publik, sampai dilaporkan ke KPK

Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan PausKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kiri) bersama anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka (kanan) menyaksikan film di tengah kegiatan pemberian surat rekomendasi calon kepala daerah di Cinepolis, Senayan Park, Jakarta, Senin (5/8/2024). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Viralnya Bobby Nasution mengikuti jejak Kaesang. Putra Presiden Jokowi itu disorot setelah dirinya dan istri pergi ke Amerika Serikat menggunakan private jet.

Bahkan, Kaesang sampai dua kali dilaporkan ke KPK pada hari yang sama gara-gara hal tersebut. Kembali, KPK menyatakan bakal melakukan penelaahan lebih dahulu.

5. KPK akan surati Kaesang

Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan PausKaesang Pangarep Temui Cak Imin di Markas PKB pada Selasa (6/8/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Di sisi lain, KPK juga bakal menyurati Kaesang. Dia akan diminta klarifikasi terkait penggunaan private jet tersebut.

KPK memastikan Kaesang bisa diusut meski bukan penyelenggara negara.

Baca Juga: Menanti Kaesang di Gedung Merah Putih

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya