Didukung 12 Parpol di Pilkada DKI, Ridwan Kamil: Warga Jakarta Untung

Kesamaan koalisi pemerintah pusat dan daerah

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suswono resmi dideklarasikan maju Pilkada Jakarta 2024. Ada 12 partai yang menyatakan dukungan untuk pasangan ini.

Mereka terdiri dari partai politik pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pada Pemilu Presiden 2024, ditambah Partai Nasdem, PKS, Perindo dan PPP. Menurut Ridwan Kamil hal ini akan menguntungkan warga Jakarta.

"Tentunya dengan koalisi yang sama dengan pemerintah pusat, siapa yang diuntungkan? Bukan kami berdua, tapi warga Jakarta," ujar Ridwan Kamil di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Ridwan Kamil mengatakan kesamaan koalisi pemerintah pusat dan daerah akan menguntungkan warga Jakarta. Salah satunya terkait program kerja.

"Akan berlimpah komunikasi, bantuan, dukungan dari pemerintah pusat kepada Jakarta, karena gubernur wakil gubernur dan insyaallah pemerintah pusat satu frekuensi," ujarnya.

Ridwan Kamil-Suswono didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, antara lain Partai Gerindra, Golkar, PKS, NasDem, PKB, PSI, Demokrat, PAN, Perindo, dan PPP. Lalu, ada juga dua Partai yang tak lolos parlemen yakni Partai Garuda dan Gelora.

Diketahui, hanya tersisa PDI Perjuangan (PDIP) yang belum menentukan sikap dalam Pilkada Jakarta 2024. Di DPRD DKI Jakarta, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu meraih 15 kursi.

Sementara, sesuai aturan Undang-Undang Pilkada, partai politik yang ingin mencalonkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, harus mengumpulkan setidaknya 22 kursi di DPRD DKI Jakarta. Sehingga PDIP tak bisa mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur sendirian.

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Buat Acara Re-Imajinasi Jakarta, Apa itu?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya