Cucu SYL Ngaku Pernah Beri Biduan Nayunda 500 Dolar AS karena Kasihan

Nayunda dan Cucu SYL berteman

Intinya Sih...

  • Cucu SYL memberikan 500 dolar AS kepada Nayunda Nabila karena kasihan, saat Nayunda tak punya pekerjaan pada 2021.
  • Nayunda dan cucu SYL hanya berteman, tanpa hubungan lebih dari itu.
  • Syahrul Yasin Limpo didakwa korupsi dan memeras anak buahnya senilai Rp44,5 miliar, serta terus diusut KPK terkait dugaan pencucian uang.

Jakarta, IDN Times - Cucu eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Andi Tenri Bilang Radisyah mengaku pernah memberikan uang 500 dolar Amerika Serikat ke biduan Nayunda Nabila karena kasihan. Sebab, Nayunda sempat tak punya pekerjaan pada 2021.

Hal itu diungkapkan Jaksa saat membacakan Berita Acara Pemeriksaan cucu SYL di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

"Ini ada BAP saksi, mohon izin yang mulia mengingatkan saksi mungkin kemarin terlewat belum dikonfirmasi," ujar Jaksa, Rabu (29/5/2024).

"Dalam BAP nomor 15 di sini saksi menjelaskan perlu saya sampaikan 'Saya pernah memberikan sejumlah uang kepada Nayunda Nabila sekitar tahun 2021 sebesar 500 USD, saya memberikan uang tersebut karena yang bersangkutan menceritakan kondisinya saat itu belum ada pekerjaan. Sedangkan yang bersangkutan ada tanggungan ibu dan adik di makassar sehingga saya kasih uang sebesar 500 AS sumber uangnya dari pemberian ibu saya Indira Chunda Thita dan kakek saya SYL kemudian saya kumpulkan," ujar Jaksa membacakan BAP cucu SYL.

"Ini keterangan saksi?" tanya Jaksa.

"Iya keterangan saya," jawab cucu SYL yang dipanggil Bibi.

1. Nayunda dan Cucu SYL berteman

Cucu SYL Ngaku Pernah Beri Biduan Nayunda 500 Dolar AS karena KasihanNayunda Nabila (IDN Times/Aryodamar)

Jaksa pun menanyakan hubungan antara Nayunda dengan cucu SYL. Bibi mengatakan, mereka hanya teman.

"Teman saksi?" tanya jaksa.

"Saya tahunya dia di Garnita (Ormas NasDem Garda Wanita) pak, curhat sama saya kalau ya itu dia gapunya pemasukan pak," jawab Bibi.

Baca Juga: Anak SYL Siap Kembalikan Uang, Bakal Jadi Pertimbangan Vonis Hakim

2. Syahrul Yasin Limpo didakwa korupsi dan peras anak buah Rp44,5 M

Cucu SYL Ngaku Pernah Beri Biduan Nayunda 500 Dolar AS karena KasihanTerdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi (dari kiri ke kanan) mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dan mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono mengikuti sidang perdana yang beragenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (28/2/2024). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Syahrul Yasin Limpo didakwa korupsi dan memeras anak buahnya senilai Rp44,5 miliar. Ia didakwa melakukan hal tersebut bersama-sama dengan eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta.

Dalam dakwaan, uang itu diduga digunakan Syahrul Yasin Limpo untuk berbagai keperluan. Ada uang yang diduga mengalir untuk keperluan istri, dirinya sendiri, keluarga, sewa pesawat, kurban, hingga ke Partai NasDem.

Baca Juga: Istri Syahrul Yasin Limpo: Saya Tak Pernah Punya Tas Dior

3. KPK masih usut dugaan pencucian uang Syahrul Yasin Limpo

Cucu SYL Ngaku Pernah Beri Biduan Nayunda 500 Dolar AS karena KasihanKPK sita rumah Syahrul Yasin Limpo senilai Rp4,5 M (dok. Humas KPK)

Sementara persidangan berlangsung, KPK juga terus mengusut dugaan pencucian uang Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah pihak telah dimintai keterangan terkait hal ini.

Selain memeriksa saksi-saksi, KPK juga memburu aset-aset Syahrul Yasin Limpo. Contohnya adalah rumah dan mobil Syahrul Yasin Limpo.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya