CEK FAKTA: Syahrul Yasin Limpo Termasuk Menteri Jokowi yang Miskin?

SYL klaim diri termasuk menteri yang miskin

Intinya Sih...

  • Syahrul Yasin Limpo klaim sebagai salah satu menteri paling miskin dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.
  • Berdasarkan LHKPN KPK, kekayaan Syahrul mencapai Rp20.058.042.532 per Desember 2022, masuk dalam 10 besar menteri dengan kekayaan paling sedikit.
  • Ada 10 menteri lainnya dengan kekayaan paling sedikit pada 2022, antara lain Teten Masduki, Siti Nurbaya, Bintang Puspayoga, Abdul Halim Iskandar, hingga Syahrul Yasin Limpo.

Jakarta, IDN Times - Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengeklaim sebagai menteri miskin saat menjalani persidangna di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Benarkah demikian?

Berdasarkan penelusuran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs KPK, Syahrul tercatat memiliki total kekayaan Rp20.058.042.532. Namun, jumlah itu merupakan data per Desember 2022 karena Syahrul tak melaporkan kekayaannya pada 2023.

Jika dibandingkan menteri lainnya di kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin pada 2022, Syahrul masuk ke dalam 10 besar menteri dengan kekayaan paling sedikit.

Baca Juga: Mengaku Miskin, Harta SYL Ternyata Mencapai Rp20 Miliar

1. Daftar 10 menteri Jokowi dengan nilai harta paling sedikit per 2022

CEK FAKTA: Syahrul Yasin Limpo Termasuk Menteri Jokowi yang Miskin?Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas terkait penanganan pengungsi erupsi Gunung Ruang, di Istana Merdeka, Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebanyak 10 menteri dengan kekayaan paling sedikit pada 2022 antara lain Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya,  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas.

Lalu ada Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Teten Masduki memiliki harta per 2022 senilai Rp4,2 miliar, Siti Nurbaya Rp5,4 miliar, Bintang Puspayoga Rp11,2 miliar, dan Abdul Halim Iskandar Rp12,3 miliar.

Lalu Yaqut Rp12,3 miliar, Pratikno Rp14 miliar, Risma Rp16,7 miliar, Azwar Anas Rp17,6 miliar, Ida Fauziyah Rp19,6 miliar, dan Syahrul Yasin Limpo Rp20 miliar.

Baca Juga: SYL: Mestinya Negara Beri Saya Penghargaan, Saya Komplain ke Jokowi

2. SYL klaim diri termasuk menteri yang miskin

CEK FAKTA: Syahrul Yasin Limpo Termasuk Menteri Jokowi yang Miskin?Syahrul Yasin Limpo jalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (10/6/2024). ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pada persidangan Senin, 24 Juni 2024, Syahrul Yasin Limpo mengaku sebagai salah satu menteri paling miskin.

"Saya ini termasuk menteri yang paling miskin. Rumah saya itu, di BTN di Makasar waktu saya gubernur. Ini baru saja saya mau mencicil, karena saya berharap di akhir perjalanan umur saya yang 70 tahun saya berada di sini, dan ini dicicil," ujar Syahrul di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin.

Baca Juga: Dengan Suara Bergetar, SYL: Saya Tidak Pernah Jadi Bapak yang Baik

3. SYL didakwa korupsi Rp44,5 miliar

CEK FAKTA: Syahrul Yasin Limpo Termasuk Menteri Jokowi yang Miskin?Syahrul Yasin Limpo jalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (10/6/2024). ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dalam sidang tersebut, Syahrul Yasin Limpo didakwa korupsi dan memeras anak buahnya senilai Rp44,5 miliar. Ia didakwa melakukan hal tersebut bersama-sama dengan eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta.

Dalam dakwaan, uang itu diduga digunakan Syahrul Yasin Limpo untuk berbagai keperluan. Ada uang yang diduga mengalir untuk keperluan istri, diri sendiri, keluarga, sewa pesawat, kurban, hingga ke Partai NasDem.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya