CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Pakai Baju Palu Arit saat Bersama Gibran?

Foto tersebut beredar di media sosial X atau Twitter

Jakarta, IDN Times - Di media sosial X atau Twitter sempat beredar foto putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka.

Dalam foto yang diunggah pemilik akun dengan nama pengguna T0M5helby itu terlihat, Kaesang memakai kaos hitam dan Gibran kaos putih.

Foto itu telah disunting, diberi tanda panah ke arah kaos yang dipakai Kaesang. Ada gambar palu arit di bagian dada kaos yang dipakai Kaesang.

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

1. Sempat viral beberapa kali

CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Pakai Baju Palu Arit saat Bersama Gibran?Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Berdasarkan penelusuran IDN Times melalui Google Image Search, foto tersebut terbukti hasil suntingan. Foto itu sempat viral beberapa tahun lalu dengan narasi yang berbeda.

Foto tersebut sempat viral pada 2020, dan kembali viral pada 2023.

Baca Juga: Menkominfo Dinilai Tidak Etis Bela Istri Kaesang Naik Jet karena Hamil

2. Foto dari artikel Detik.com yang disunting

CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Pakai Baju Palu Arit saat Bersama Gibran?Tangkapan layar artiker Detik.com

Foto itu merupakan karya jurnalis Detik, Dyah Paramita Saraswati. Foto tersebut sempat beberapa kali dipakai Detik.com di beberapa artikelnya.

Salah satunya adalah dalam artikel berjudul "Berbisnis, 2 Anak Jokowi Makin Mandiri". Artikel itu tayang pada Minggu, 11 Maret 2018.

Kemudian, foto itu kembali dipakai dalam artikel Detik.com berjudul "JoMan Akan Polisikan Ubedillah Badrun yang Laporkan Gibran-Kaesang ke KPK". Artikel itu tayang pada Jumat, 14 Januari 2022.

Baca Juga: Viral Anonymous Bocorkan Data Akun Fufufafa, Nama Gibran Muncul

3. Kaesang minta gunakan akal sehat

CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Pakai Baju Palu Arit saat Bersama Gibran?Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kaesang melalui media sosialnya pernah menanggapi kabar dirinya memakai baju palu arit. Ia meminta semua pihak memakai akal sehat, sambil melampirkan tautan artikel Detik yang asli.

"Lihat aja sendiri. Masa saya pake kaos ada lambang begituan?" tulisnya di media sosial X pada 27 Februari 2019.

Dengan demikian dapat disimpulkan, Kaesang tidak benar memakai kaos berlambang palu arit atau lambang Partai Komunis itu dan dipastikan meme tersebut hoaks.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya