BW Hubungkan Alex Tirta dan Firli dengan Penutupan Alexis oleh Anies

Alex disebut menyewa rumah Kertanegara yang dipakai Firli

Jakarta, IDN Times - Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW) menilai, ada yang janggal dalam hubungan antara Alex Tirta dan Ketua KPK Firli Bahuri. Alex merupakan sosok yang menyewakan rumah Kertanegara untuk Firli yang sempat digeledah polisi.

Ia pun mengaitkan hubungan Alex dan Firli dengan penutupan tempat hiburan malam Alexis oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebab, Alex merupakan bos dari usaha itu.

"Ada pertanyaan mengganjal, apa hubungannya Alex Tirta dan Ketua KPK? Apakah ada relasinya dengan penutupan Alexis oleh mantan Gubernur Anies Baswedan?" ujar Bambang seperti dikutip, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga: Profil Alex Tirta: Ketua Harian PBSI yang Terseret Kasus Firli Bahuri

1. Rumah Kertanegara tak ada di LHKPN Firli

BW Hubungkan Alex Tirta dan Firli dengan Penutupan Alexis oleh AniesPolisi Geledah Rumah Firli Bahuri di Kertanegara Jaksel. (IDN Times/Amir Faisol)

Bambang mengaku curiga dengan status rumah tersebut. Sebab, rumah itu tak tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Firli.

"Rumah itu bukan hanya tidak ada di dalam LHKPN, padahal sudah ditempati sejak 2020," ujarnya.

2. Firli dan Alex beda keterangan soal rumah di Kertanegara

BW Hubungkan Alex Tirta dan Firli dengan Penutupan Alexis oleh AniesPolisi membawa satu koper dari rumah Firli Bahuri yang digeledah, Kamis (26/10/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Selain itu, status rumah tersebut menimbulkan pertanyaan. Sebab, ada perbedaan keterangan dari kubu Firli dan Alex Tirta.

"Ada perbedaan informasi dari lawyer Ketua KPK dengan pengusaha Alex Tirta tentang siap yang menyewa dan membayar, karena bisa berkaitan dengan gratifikasi," ujarnya.

Baca Juga: Soal Rumah Kertanegara, Alex Tirta Bantah Beri Ketua KPK Gratifikasi 

3. Alex Tirta akui sewa rumah di Kertanegara

BW Hubungkan Alex Tirta dan Firli dengan Penutupan Alexis oleh AniesKetua Harian PP PBSI, Alex Tirta (https://pbsi.id/)

Sebelumnya Alex Tirta mengakui rumah di Kertanegara ia sewa sejak 2020. Namun, ia membantah telah memberikan gratifikasi pada Firli Bahuri.

Alex seharusnya sudah diperiksa polisi pada Rabu,1 November 2023. Namun, ia tidak hadir karena sakit.

Polisi kembali mengagendakan pemeriksaan Alex Tirta pada Jumat, 3 November 2023.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya