Kloter Pertama Jemaah Haji Tinggalkan Makkah, Pulang ke Indonesia

Kloter pertama yang pulang dari Temanggung dan Magelang

Intinya Sih...

  • Ratusan jemaah haji dari kloter SOC 2 pulang dari Madinah hari ini.
  • 360 jemaah asal Temanggung dan sebagian Magelang akan dipulangkan tanpa ada yang sakit atau wafat.
  • Persiapan keberangkatan termasuk batasan bagasi, larangan membawa air zam-zam, dan pentingnya pegang paspor.

Makkah, IDN Times - Ratusan jemaah haji dari kelompok terbang (kloter) SOC 2 akan mulai dipulangkan hari ini, Jumat (21/6/2024).

Jemaah dari Embarkasi Solo ini akan terbang dari Bandara Internasional Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Baca Juga: Jemaah Haji NTB Dipulangkan dari Arab Saudi, Boleh Dijemput Keluarga

1. Kloter pertama yang pulang berasal dari Temanggung dan Magelang

Kloter Pertama Jemaah Haji Tinggalkan Makkah, Pulang ke IndonesiaPenimbangan dan pengangkutan koper jemaah haji Kloter SOC 01, sembilan hari sebelum kepulangan, Kamis (13/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Ditektur Bina Haji, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Arsad Hidayat mengatakan, jemaah dari kloter SOC 2 yang pulang adalah jemaah haji asal Kabupaten Temanggung dan sebagian dari Mangelang, Jawa Tengah.

Jumlah mereka total 360 orang yang terdiri dari jemaah dan petugas kloter. "Alhamdulillah ini luar biasa, jadi kloternya solid. Tidak ada yang wafat atau sakit," kata Arsad.

2. Koper jemaah maksimal 32 kilogram

Kloter Pertama Jemaah Haji Tinggalkan Makkah, Pulang ke IndonesiaKepulangan jemaah haji pertama dari Kloter SOC 2, Jumat (21/6/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Persiapan keberangkatan pun sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Bahkan, penimbangan barang bagasi sudah dilakukan sejak 9 hari sebelum mereka pulang.

Para jemaah tidam boleh membawa koper lebih dari 32 kilogram. Selain koper yang sudah ditimbang pekan lalu, bobot tas yang akan dibawa ke kabin juga dibatasi. 

Selain mereka, total nanti akan ada 49 kloter yang akan dipulangkan dari Madinah. 

3. Jangan sampai pulang bawa air zam-zam

Kloter Pertama Jemaah Haji Tinggalkan Makkah, Pulang ke IndonesiaPenimbangan dan pengangkutan koper jemaah haji Kloter SOC 01, sembilan hari sebelum kepulangan, Kamis (13/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Arsad pun meminta kepada jemaah untuk tidak memasukkan air zam-zam ke dalam kabin. Selain itu, barang terlarang seperti gunting dan pisau juga jangan sampai terbawa.

"Yang kedua pastikan setiap jemaah sudah pegang paspor di tangan. Kemudian juga kaitan dengan boarding pass. Nanti jangan sampai tercecer itu tolong segera dikomunikasikan dengan perangkat kloter," imbaunya.

Jika terdapat jemaah yang kehilangan paspor, jemaah bisa meminta Surat Perjalanan Laksana Paspor.

" Jadi kita prinsipnya sih memberikan kemudahan buat para jemaah haji. Karena tahu mereka juga luar biasa. Ya saya lihat sudah sangat-sangat disiplin kaitan dengan pelaksanaan ibadah hajinya," ujar Arsad.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya