Jemaah Haji Belum Dapat Smart Card Atau Hilang, Simak Penjelasan Ini

Smart card kunci masuk ke Arafah, jangan sampai hilang

Intinya Sih...

  • Smart Card atau Nusuk adalah syarat utama masuk ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina saat haji
  • Jemaah diminta menjaga kartu ini dengan baik karena hilangnya akan menyulitkan saat pemeriksaan

Makkah, IDN Times - Selain visa haji, salah satu syarat utama bisa masuk ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina saat puncak haji adalah Smart Card atau Nusuk. Kartu ini diberikan kepada jemaah haji dari seluruh dunia oleh pemerintah Arab Saudi.

Lantaran fungsinya sangat penting, Petugas Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) pun terus meminta kepada jemaah agar menyimpannya dengan benar. Lalu, bagaimana jika kartu tersebut hilang atau belum dapat?

Baca Juga: Kemenag Akan Bagikan Smart Card untuk Jemaah Haji, Jangan Sampai Hilang

1. Yang belum dapat kartu bisa menanti sampai H-1

Jemaah Haji Belum Dapat Smart Card Atau Hilang, Simak Penjelasan IniDirektur Pelayanan Luar Negeri, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Subhan Chalid. IDN Times/Faiz Nashrillah

Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Subhan Cholid mengatakan, jika jemaah haji belum mendapatkannya, mereka bisa lapor kepada petugas. Sebab, Arab Saudi menjanjikan bahwa semua Smart Card akan terbit maksimal sehari sebelum keberangkatan jemaah ke Arafah. 

"Hingga Selasa siang, masih ada 12 persen jemaah haji Indonesia yang belum dapat," kata Subhan, Selasa (11/6/2024).

Meski ada yang belum mendapatkannya, Subhan meminta jemaah tak perlu bingung. Sebab, produksi Smart Card saat ini sedang dikebut. "Kemarin angka yang belum dapat 19 persen. Hari ini tinggal 12 persen," ujarnya. 

2. Jangan sampai hilang, urusannya panjang

Jemaah Haji Belum Dapat Smart Card Atau Hilang, Simak Penjelasan IniPetugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sedang mengklasifikasikan Smart Card yang akan dibagikan pada jemaah haji, Selasa (21/5/2024). IDN Times/Faiz Nashrillah

Beda cerita jika Smart Card milik jemaah hilang. Mereka harus melapor kepada petugas. Sebab, kartu ini hanya bisa diganti jika masih cukup waktu. Namun, jika hilang saat berangkat, jemaah harus bersiap-siap saat ada pemeriksaan. "Itu akan repot. Pemeriksaan jemaah akan dengan proses manual. Dokumen mereka akan diperiksa."

Untuk itu, ia meminta jemaah agar benar-benar menjaga kartu ini. Subhan pun memberi tips khusus kepada jemaah. "Mohon dirawat betul. Paling aman masukkan ke tas paspor. Ini tanda masuk Arafah," ujar dia. Kartu ini sendiri nantinya akan dipindai saat jemaah hendak naik bus menuju ke Arafah.

3. Mulai tahun ini ada Smart Card

Jemaah Haji Belum Dapat Smart Card Atau Hilang, Simak Penjelasan IniPetugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sedang mengklasifikasikan Smart Card yang akan dibagikan pada jemaah haji, Selasa (21/5/2024). IDN Times/Faiz Nashrillah

Jemaah haji tahun ini akan dilengkapi dengan sebuah kartu khusus bernama Smart Card. Kartu ini merupakan izin untuk memasuki Arafah, Muzdalifah, dan Mina saat puncak haji nanti. Selain sebagai syarat masuk, kartu ini juga berisikan data para jemaah. 

Kepala Daerah Kerja Makkah, Khalilurrahman mengatakan, kartu ini bersifat wajib bagi jemaah. Di kartu itu terdapat barcode yang ketika dipindai muncul identitas jemaah, mulai nama hingga nomor paspor.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya