Gak Kapok, Garuda Kembali Telat Jemput Jemaah Haji

Padahal udah dapat surat teguran

Makkah, IDN Times - Penerbangan haji Garuda Indonesia kembali mengalami keterlambatan. Jika sebelumnya terlambat saat keberangkatan, kali ini, maskapai plat merah ini telat menerbangkan jemaah haji yang akan pulang ke Tanah Air. 

1. Keterlambatan terjadi hingga 5 jam, penumpang kecewa

Gak Kapok, Garuda Kembali Telat Jemput Jemaah HajiProses isi ulang avtur PT Pertamina (Persero) untuk pesawat Garuda Indonesia. (dok. Pertamina)

Korban selanjutnya dari keterlambatan Garuda adalah jemaah kelompok terbang 2 Embarkasi Kualanamu (KNO-02). Jemaah yang akan turun di Medan jni mengalami penundaan atau delay penerbangan hingga lebih lima jam, pada Senin (24/6/2024). Jemaah haji yang sudah menunggu di hotel sejak pagi pun dibuat kecewa. 

“Delay lama seperti ini sangat mengecewakan jemaah haji Indonesia. Apalagi mereka juga lelah setelah menempuh perjalanan dari Makkah ke Madinah. Sesampainya di bandara malah ada delay dalam durasi waktu lama. Saya harap Garuda Indonesia lebih profesional, bertanggung jawab, dan kejadian ini tidak terulang,” tegas Saiful Mujab di Madinah, Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Saiful Mujab, di Madinah, Senin (24/6/2024).

KNO-02 sedianya akan terbang dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pukul 11.20 waktu Arab Saudi. Jemaah pun sudah diberangkatkan dari hotel di Madinah pada pukul 05.20. Mereka juga dibekali makanan pagi saat keberangkatan dari hotel.

Pada pukul 05.48, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mendapat informasi tertulis adanya perubahan jadwal terbang KNO-02 menjadi 13.45. Tidak hanya sampai di situ, selang beberapa waktu, PPIH kembali mendapat informasi tertulis perubahan jadwal KNO-02 menjadi 15.45. Pesawat pada akhirnya terbang pukul 16.33 WAS.

“Kalau dihitung, keterlambatan keberangkatan terjadi dari 11.20 sampai 16.33. Ada delay lima jam 13 menit. Garuda Indonesia tidak memberikan kompensasi apa pun kepada jemaah haji,” jelas Saiful Mujab.

Baca Juga: Kemenhub Evaluasi Penerbangan Haji 2024, Garuda Delay 42 Kali!

2. Suhu hingga body penyok jadi alasan

Gak Kapok, Garuda Kembali Telat Jemput Jemaah HajiPercikan api tampak dari mesin Pesawat Garuda Indonesia rute Makassar-Madinah, Rabu (15/5/2024)/Istimewa

Kata Saiful, Garuda berdalih bahwa keterlambatan pertama terjadi karena adanya larangan terbang disebabkan suhu panas pada runway Bandara Madinah. Sementara alasan keterlambatan kedua karena adanya pengecekan bodi pesawat yang penyok saat mendarat di Madinah.

“Informasi adanya perubahan jadwal, terlambat disampaikan. Perubahan jadwal disampaikan dalam dua kali pemberitahuan, terkesan Garuda mengulur waktu keterlambatan untuk menghindari kompensasi. Dan tidak ada permintaan maaf resmi dari Garuda atas keterlambatan panjang ini,” tandas Saiful Mujab.

3. Garuda alami 42 kali keterlambatan selama pemberangkatan haji

Gak Kapok, Garuda Kembali Telat Jemput Jemaah HajiMenteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat hadiri acara IDN Times x Perhumas di Kantor IDN Media HQ pada Senin (29/4/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merilis hasil evaluasi keberangkatan jemaah haji 2024. Adapun evaluasi itu dilakukan pada keberangkatan haji 2024 periode 12-30 Mei 2024.

Dari evaluasi itu, tercatat ada 48 kali keterlambatan (delay) penerbangan, di mana 42 keterlambatan dari maskapai Garuda Indonesia, dan Saudi Arabian Airlines sebanyak 6 keterlambatan. Hasil evaluasi ini pun berbuah teguran bagi Garuda Indonesia.

Baca Juga: Saham Garuda Indonesia Terus Anjlok, Masuk Klub Gocap!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya