Timnas AMIN Siap Ikuti Aturan KPU Terkait Debat Capres-Cawapres

Ini usulan yang disampaikan Timnas AMIN

Jakarta, IDN Times - Co-Kapten Timnas AMIN, Nihayatul Wafiroh, menyampaikan beberapa hal mengenai debat capres-cawapres di Pilpres 2024. Setidaknya ada 9 poin yang dijabarkan.

Pertama, menurut dia, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengusulkan format debat yang hanya berupa pemaparan dan pendalaman visi-misi.

"Ini berarti format debat hanya melibatkan tanya-jawab antara paslon dengan moderator dan panelis, serta menghilangkan sanggahan antar paslon secara keseluruhan. Menurut tim paslon 2, debat dengan model saling menanggapi antar paslon akan menghabiskan banyak waktu tanpa ada kesempatan menjelaskan visi dan misi masing-masing paslon," ujar Nihayatul dalam keterangan tertulis, Minggu (3/12/2023).

1. Timnas AMIN tolak usulan paslon 2

Timnas AMIN Siap Ikuti Aturan KPU Terkait Debat Capres-CawapresIlustrasi pemilihan umum

Menanggapi hal tersebut, Timnas AMIN mengatakan pihaknya bersama tim paslon nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sama-sama menolak usulan dari paslon 2 tersebut.

Timnas Amin juga menyampaikan usulan agar dalam setiap agenda debat, pasangan capres-cawapres selalu dihadirkan, meskipun sebagai audiens dan tidak untuk berdebat sama sekali.

"Dalam pertemuan FGD oleh KPU di 29 November 2023, Timnas AMIN menyampaikan ide awal dalam diskusi FGD tersebut bahwa sebaiknya dalam setiap agenda debat, pasangan calon capres-cawapres untuk selalu dihadirkan dalam seluruh rangkaian debat. Namun bukan menghilangkan debat cawapres," jelas dia.

Baca Juga: Format Debat Pilpres Berubah, Saat Debat Cawapres Didampingi Capres

2. KPU meminta usulan

Timnas AMIN Siap Ikuti Aturan KPU Terkait Debat Capres-CawapresKetiga pasangan capres dan cawapres menandatangani deklarasi kampanye pemilu damai di Kantor KPU, Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Untuk format debat dan teknis lainnya, KPU menyatakan akan menggelar kembali rapat dengan seluruh tim paslon, dan meminta masing-masing tim paslon untuk memberikan masukan tertulis paling lama 1 Desember 2023.

"Yang mana pasangan AMIN telah mengirimkan surat no 038/EXT/TA-REK/XII/2023 pada waktu yang ditetapkan. Dalam surat masukan tertulis Timnas AMIN secara jelas mengusulkan tetap adanya debat cawapres," lanjut dia.

3. Pasangan AMIN siap mengikuti aturan KPU

Timnas AMIN Siap Ikuti Aturan KPU Terkait Debat Capres-CawapresMuhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam acara IMGS 2023, VP Candidates: Powerful in Election, Powerful in Action pada Minggu (26/11/2023). (dok. IDN Media)

Saat ini pihak Timnas AMIN masih menunggu KPU untuk mengadakan rapat tersebut, yang ditujukan untuk menyepakati format dan teknis debat capres-cawapres.

"Pada prinsipnya pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan-A. Muhaimin Iskandar menyatakan siap untuk mengikuti proses rangkaian kegiatan debat dengan apapun teknis/ketentuan yang akan ditetapkan oleh KPU RI," ungkap dia lagi.

Baca Juga: Format Debat Capres-Cawapres Berubah, Ganjar Tetap Siap!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya