Respons Ganjar Pranowo soal Kaesang Gabung PSI

Kaesang resmi bergabung dengan PSI

Jakarta, IDN Times - Putra Bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep, resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menanggapi hal tersebut, Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo mengatakan, setiap orang punya hak berdemokrasi.

"Dalam politik ini semua orang punya hak untuk berdemokrasi, jadi silakan siapa pun," kata Ganjar di Kawasan Jenderal Sudirman, Minggu (24/9/2023) pagi.

Baca Juga: Kaesang Resmi Gabung PSI, Deddy PDIP: Hanya Jadi Anggota, Gak Pantes

1. Gabungnya Kaesang ke PSI disayangkan

Respons Ganjar Pranowo soal Kaesang Gabung PSIKaesang Pangarep usai menerima KTA dari PSI. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP, Deddy Yevry Sitorus, menyayangkan Kaesang bergabung dengan PSI sebagai anggota biasa.

"Kalau saya sih jujur saja, kalau Kaesang masuk ke PSI hanya jadi anggota untuk segede anak presiden itu, gak pantas lah," kata dia dalam acara diskusi Total Politik di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: Ini Komentar Jokowi tentang Kaesang yang Gabung PSI

2. Minimal menjadi Dewan Pembina PSI

Respons Ganjar Pranowo soal Kaesang Gabung PSIAcara Total Politik di kawasan Jakarta Selatan (23/9/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Deddy mengatakan, Kaesang seharusnya bisa menduduki jabatan struktural PSI di tingkat pusat.

"Untuk PSI yang dikelola oleh kakak-kakak Dewan Pembina ini, harusnya Kaesang masuk jajaran dewan pembina dong, untuk levelnya Mas Kaesang supaya di sana langsung bertanggung jawab, langsung belajar. Minimal Sekretaris Dewan Pembina lah biar cepat belajarnya kayak jalan tol. Ketum mah kapan aja mau diganti bisa kalau di PSI," tegas dia.

Baca Juga: Resmi Gabung PSI, Kaesang Langsung Kantongi KTA

3. Alasan Kaesang gabung PSI

Respons Ganjar Pranowo soal Kaesang Gabung PSIPenyerahan KTA PSI Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Kaesang sendiri menyampaikan alasan dirinya lebih memilih untuk bergabung dengan PSI ketimbang dengan PDI Perjuangan.

"Waktu itu saya sempat mikir, kenapa gak diseriusin aja sekalian. Jadi, saya sudah berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI," ujar Kaesang di depan rumah Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya