Kualitas Udara Jakarta pada Rabu Pagi Terburuk Ketiga di Dunia

Gunakan masker saat bepergian, ya!

Intinya Sih...

  • Kualitas udara di Jakarta pada Rabu pagi terpantau buruk dengan AQI 163 dan partikel halus 2,5 sebesar 72,2 mikrogram per meter kubik.
  • Kota Batam juga mengalami kualitas udara buruk dengan AQI 159 dan partikel halus 2,5 sebesar 66,4 mikrogram per meter kubik.
  • Pada Selasa pagi, Jakarta bahkan menempati posisi pertama sebagai kota dengan kualitas udara paling buruk di dunia dengan AQI 223.

Jakarta, IDN Times - Pada Rabu (19/6/2024) pagi kualitas udara di kawasan Jakarta terpantau masih buruk, seperti dikutip dari data situs pemantau kualitas udara IQAir. Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk ketiga di seluruh dunia pada Rabu pagi.

Pada pukul 07.56 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 163 dengan angka partikel halus 2,5 berada di angka 72,2 mikrongram per meter kubik atau 14,4 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan WHO (World Health Organization).

1. Udara di Batam juga buruk

Kualitas Udara Jakarta pada Rabu Pagi Terburuk Ketiga di Duniailustrasi polusi udara (pexels.com/gije)

Dari pantauan di situs IQAir, kota Batam juga memiliki kualitas udara yang buruk pada pagi ini. Posisi kota Batam berada di bawah Jakarta, atau tepatnya mengisi urutan keempat kota dengan kualitas udara terburuk.

Indeks kualitas udara di Batam berada di angka 159 dengan angka partikel halus 2,5 berada di angka 66,4 mikrongram per meter kubik, atau 13,3 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan WHO (World Health Organization).

Baca Juga: Duh! Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia pada Selasa Pagi

2. Jakarta sempat peringkat satu kualitas udara terburuk di dunia

Kualitas Udara Jakarta pada Rabu Pagi Terburuk Ketiga di Duniailustrasi polusi udara (pexels.com/Ravi Sharma)

Sebelumnya, pada Selasa (18/6/2024) pagi kemarin, Jakarta sempat menempati posisi pertama sebagai kota dengan kualitas udara paling buruk di seluruh dunia.

Hal itu diketahui saat dicek melalui situs pemantau kualitas udara IQAir, pada pukul 06.30 WIB dengan indeks kualitas udara di angka 223.

3. Menghindari olahraga luar ruangan

Kualitas Udara Jakarta pada Rabu Pagi Terburuk Ketiga di Duniailustrasi sedang bersepeda (freepik.com/freepik)

Dengan kondisi indeks kualitas udara tersebut, IQAir menyarankan masyarakat untuk menghindari olahraga luar ruangan untuk sementara waktu.

Kemudian, masyarakat  juga disarankan untuk menutup jendela rapat-rapat demi menghindari paparan udara kotor, gunakan masker saat bepergian, dan nyalakan air purifier atau penjernih udara di dalam ruangan.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya