Selalu Pakai Peci, Prabowo Tunjukkan Nasionalisme di Dunia Internasional

Pengamat: Tanda Nasionalisme

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan penampilan presiden terpilih, Prabowo Subianto yang kerap mengenakan peci di perhelatan internasional merupakan bentuk nasionalisme.

Ujang menilai, kopiah yang dikenakan Prabowo adalah upaya dirinya untuk menunjukkan identitas negara, sekaligus pembeda dengan bangsa lainnya di mata dunia.

"Ini sesuatu yang patut dibanggakan. Menunjukkan kearifan bangsa dengan menggunakan peci hitam sebagai bentuk cinta, memiliki rasa nasionalisme yang dijunjung," kata Ujang di Jakarta, Sabtu (27/07).

1. Usaha Prabowo menjaga jati diri Indonesia

Selalu Pakai Peci, Prabowo Tunjukkan Nasionalisme di Dunia InternasionalSelalu mengenakan peci, Prabowo tunjukkan nasionalisme dan identitas bangsa di dunia internasional (Tim Komunikasi Prabowo)

Selain itu, Ujang juga menyebut bahwa membawa identitas bangsa di setiap momen memang salah satu kelebihan Prabowo. Menurutnya, hal tersebut merupakan usaha Prabowo menjaga jati diri Indonesia.

"Saya melihat ini sebagai kelebihan Pak Prabowo menunjukkan identitas seorang nasionalis yang selalu dibanggakan untuk selalu menjaga nasionalisme bangsa," tutur Ujang.

Baru-baru ini Prabowo juga tampak mengenakan kopiah hitam saat menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Sungai Seine, Prancis.

Baca Juga: Prabowo Hadiri Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

2. Antusiasme Prabowo

Selalu Pakai Peci, Prabowo Tunjukkan Nasionalisme di Dunia InternasionalSelalu mengenakan peci, Prabowo tunjukkan nasionalisme dan identitas bangsa di dunia internasional (Dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Prabowo tampak antusias menyaksikan parade yang menampilkan kontingen negara yang akan berlaga, termasuk Indonesia. Ia yang duduk di tepi sungai bersama tokoh lain, terlihat memberikan penghormatan dengan berdiri, saat Tim Indonesia melintas.

Meski Paris diguyur hujan, Prabowo yang melapisi pakaiannya dengan jas hujan transparan, melambaikan tangan ke arah para atlet dan memberikan semangat.

3. Prabowo beri dukungan bagi Timnas Olimpiade

Selalu Pakai Peci, Prabowo Tunjukkan Nasionalisme di Dunia InternasionalSelalu mengenakan peci, Prabowo tunjukkan nasionalisme dan identitas bangsa di dunia internasional (Dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Akademisi sekaligus pakar manajemen prestasi olahraga, Djoko Pekik Irianto mengatakan, dukungan presiden terpilih Prabowo Subianto kepada Timnas Indonesia di Olimpiade Paris 2024, mendapat apresiasi dari masyarakat, pemerhati, aktivis, dan komunitas olahraga di Indonesia.

Menurutnya hal itu akan memberikan semangat yang luar biasa bagi timnas saat berlaga nanti.

"Kami masyarakat terutama pemerhati dan komunitas serta aktivis olahraga, merasa gembira dengan adanya dukungan dari presiden terpilih untuk Timnas Indonesia. Hal ini akan menjadi motivasi utama untuk meraih hasil terbaik di Olimpiade Paris tahun 2024 ini. Kita berupaya untuk mendongkrak peringkat setidaknya masuk 30 besar," kata Djoko saat dihubungi Sabtu, (27/7).

Lebih lanjut Dosen Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY yang juga Ketum KONI DI Yogyakarta ini, mengapresiasi seragam jersey tim Indonesia yang dirancang oleh Didit Hediprasetyo. Ia mengatakan hal tersebut bisa menjadi brand marking dari Indonesia.

"Produksi jersey ini tentu harus dikeluarkan sehingga semangat Indonesia itu tidak sekedar kita berlaga, sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh anak bangsa untuk berkiprah membawa nama Indonesia di kancah dunia," kata Djoko.

Ke depan Mantan Deputi Peningkatan Prestasi Kemenpora ini berharap Prabowo terus menyokong olahraga di tanah air. Dengan demikian nantinya akan memberikan ruang yang dan modal yang cukup besar untuk bisa mendukung generasi muda Indonesia berlaga di dunia internasional.

"Kita kan punya program desain besar untuk olahraga nasional. Kita berupaya untuk bisa menuju ke peringkat kelima dunia pada Olimpiade tahun 2044. Nah, tentu ini kan harus didorong oleh pemerintah lebih khusus pada presiden terpilih (Prabowo) terkait dengan political will di dalam membangun olahraga Indonesia menuju arena dunia," tutup Djoko. (WEB)

Artikel ini merupakan kerja sama IDN Times dan Tim Komunikasi Prabowo.

Baca Juga: Prabowo Hadiri Pertemuan dengan Para Pimpinan Perusahaan Besar Prancis

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya