Promosikan Sawit, BPDPKS Sosialisasikan Minyak Makan Merah

Sawit baik dan banyak manfaatnya!

Jakarta, IDN Times – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melakukan sosialisasi manfaat minyak makan merah untuk kuliner dan kesehatan di Pekanbaru, Riau, belum lama ini. 

UKMK di Riau pun didorong untuk memanfaatkan minyak makan merah. Adapun beberapa manfaat produk UKMK sawit tersebut adalah di bidang kuliner dan kesehatan.

1. Sosialisasikan kebaikan sawit

Promosikan Sawit, BPDPKS Sosialisasikan Minyak Makan Merahilustrasi brondolan kelapa sawit (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kepala Divisi Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) BPDPKS Helmi Muhansyah mengungkapkan kegiatan ini menjadi salah satu upaya BPDPKS dalam mensosialisasikan dan mempromosikan kebaikan sawit dalam menghadapi kampanye negatif terhadap sawit Indonesia. Helmi menyebut pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan kemitraan UKMK di Provinsi Riau.  

Beberapa diantaranya adalah kegiatan Santriprenur UKMK sawit bekerja sama dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Program Bikopra bekerja sama dengan Asosiasi Petani Inti Rakyat (AspekPIR), Penguatan UKMK Perempuan Pekebun sawit dengan Sawitku Masa Depanku (Samade), Santripreunur Produk Turunan sawit kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), dukungan Sawit Indonesia EXPO 2023, dan Kemenkeu Satu di sektor sawit.

“Pidato Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus 2023 menyampaikan hilirisasi tidak hanya pada komoditas mineral tapi juga non mineral seperti sawit dengan mengoptimalkan kandungan lokal bermitra dengan UMKM, bermitra dengan petani sehingga manfaat terasa langsung bagi masyarakat,” ujar Helmi pada keterangannya, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Ngobrol Seru BPDPKS, Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Seputar Kelapa Sawit

2. UKMK Pekebun Sawit manfaatkan peluang

Promosikan Sawit, BPDPKS Sosialisasikan Minyak Makan MerahJulhadi Siregar, Ketua Gapoktan Sawit Maju Bersama Kecamatan Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Oleh karena itu, UKMK Pekebun sawit diharapkan dapat termotivasi untuk mengoptimalisasi peluang pemanfaatan minyak makan merah. Sebabnya, produk ini merupakan salah satu produk turunan dari sawit.

BPDPKS mendorong UKMK di Riau untuk mengkreasikan dan memanfaatkan minyak makan merah untuk berbagai produk UKMK di bidang kuliner dan kesehatan,” tuturnya. (WEB)

Baca Juga: BPDPKS Alokasikan Rp5,4 Triliun untuk Replanting

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya