Anies Kaji Rencana Penerapan PPKM Level 3 pada Akhir Tahun 

Seluruh Indonesia terapkan PPKM level 3 pada akhir tahun

Jakarta, IDN Times - Pemerintah pusat akan menerapkan aturan PPKM level tiga secara serentak pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Terkait hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan mengkaji rencana penerapan aturan tersebut.

"Kita kaji dulu rencana tersebut," kata Anies Baswedan saat menghadiri diseminasi hasil riset dan pelatihan Resiliensi Sekolah Mitigasi Bencana di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dikutip dari ANTARA, Jumat (19/11/2021).

1. Wagub DKI setuju terapkan PPKM level 2 di akhir tahun untuk menekan laju penularan COVID-19

Anies Kaji Rencana Penerapan PPKM Level 3 pada Akhir Tahun Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/11/2021). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan setuju kegiatan masyarakat di Jakarta kembali diperketat pada akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022, untuk menekan laju penularan COVID-19.

Menurut Riza, Pemprov DKI Jakarta juga menyesuaikan kegiatan di tempat wisata sesuai dengan aturan PPKM Level 3.

"Tempat wisata nanti disesuaikan seperti sebelumnya. Waktunya hanya sekitar tujuh hari," katanya.

Baca Juga: PPKM Level 3 Akan Diterapkan Seluruh Indonesia 24 Desember-2 Januari

2. Aturan PPKM level 3 di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali akan diseragamkan

Anies Kaji Rencana Penerapan PPKM Level 3 pada Akhir Tahun PPKM di Jambi (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah memberlakukan secara merata kebijakan PPKM Level Tiga di  seluruh wilayah Indonesia selama Natal dan Tahun Baru.

"Selama Natal dan Tahun Baru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3," ujarnya melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Muhadjir mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan untuk memperketat pergerakan orang dan mencegah lonjakan kasus COVID-19 usai libur akhir tahun.

Nantinya seluruh wilayah di Indonesia, baik yang sudah berstatus PPKM Level 1 dan 2 akan disamaratakan menerapkan aturan PPKM Level 3, sehingga ada keseragaman secara nasional. 

"Sudah ada kesepakatan, aturan yang berlaku di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali nanti akan diseragamkan," katanya.

3. Penerapan kebijakan PPKM level 3 menunggu Menteri Dalam Negeri menerbitkan Inmendagri

Anies Kaji Rencana Penerapan PPKM Level 3 pada Akhir Tahun ilustrasi PPKM Darurat (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Muhadjir mengatakan kebijakan aturan PPKM Level 3 ini akan berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, menunggu Menteri Dalam Negeri menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru.

"Inmedagri Ini sebagai pedoman pelaksanaan pengendalian penanganan COVID-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru yang akan ditetapkan selambat-lambatnya pada tanggal 22 November 2021," ujarnya.

Baca Juga: Luhut: Kerugian PPKM Selama Seminggu Capai Rp5,2 Triliun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya