Wapres Ingin Masa Jabatan Bersama Jokowi Berakhir Husnul Khotimah

Perbaikan pembanguan dilakukan secara berkelanjutan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap jabatannya bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo dapat berakhir dengan husnul khotimah.

Menurut dia, dari berbagai program dan kebijakan yang direncanakan pemerintah saat ini kemungkinan ada yang belum tercapai karena situasi dan kondisi tertentu. 

Namun, Ma'ruf optimistis Indonesia ke depan tetap akan lebih baik karena apa yang belum tercapai tersebut mungkin akan dicapai oleh pemerintahan berikutnya. Hal itu sesuai prinsip bahwa perbaikan dilakukan secara berkelanjutan. 

“Oleh karena itu, saya berharap bahwa saya dengan Pak Jokowi berakhir dengan husnul khotimah. Nah itu yang penting, tentu ada yang tercapai, ada yang tidak tercapai, saya kira itu sudah menjadi kelaziman,” ujar Wapres dalam acara buka puasa di kediaman resminya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (01/4/2024) petang.

Baca Juga: 5 Jemaah Umrah Ditangkap Gegara Jualan di Arab, Wapres: KJRI Advokasi

1. Pembangunan negara akan dilanjutkan periode berikutnya

Wapres Ingin Masa Jabatan Bersama Jokowi Berakhir Husnul KhotimahWapres Ma'ruf Amin di kediaman resminya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (01/04/2024) petang. (dok. Setwapres)

Dalam konteks pemerintahan, lanjut Ma'ruf, upaya melakukan perbaikan tersebut tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saat ini, tetapi juga pemerintah selanjutnya.

Oleh karena itu, pergantian pemerintahan merupakan keniscayaan sebagai bentuk estafet kepemimpinan dalam berbangsa dan bernegara. 

“Jadi membangun negara itu seperti membangun bangunan. Masing-masing periode itu menaruh bagian bangunan tertentu, kemudian terus dilanjutkan (periode selanjutnya) sehingga diharapkan nanti terus menjadi bangunan Indonesia yang maju, Indonesia yang makmur,” paparnya.

Baca Juga: Wapres soal Gugatan Sengketa Pemilu ke MK: Itu Normal

2. Perbaikan harus berkelanjutan

Wapres Ingin Masa Jabatan Bersama Jokowi Berakhir Husnul KhotimahWapres Ma’ruf Amin meresmikan Pembukaan Kepri Ramadan Fair 2024 (KURMA 2024) dan Seminar Produk Halal Go Global di Riau pada Jumat (15/03/2024). (dok. Setwapres)

Ma'ruf menyampaikan, prinsip yang senantiasa dipegang dalam menjalankan pemerintahan yakni terus melakukan perbaikan sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang dimiliki. 

Menurutnya, ada situasi yang mempengaruhi sehingga upaya-upaya perbaikan itu tidak seluruhnya bisa terlaksana. Namun semua itu harus disesuaikan dengan keadaan.

“Nah perbaikan itu menurut saya tidak pernah berhenti, artinya berkelanjutan. Karena sesuatu yang terbaik hari ini, besok mungkin sudah tidak terbaik lagi. Besok terbaik, lusa itu (mungkin) tidak terbaik lagi. Saya selalu menggunakan istilah melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik, secara berkelanjutan,” tambahnya. 

Baca Juga: Segini THR yang Diterima Jokowi dan Ma'ruf Amin Tahun Ini

3. Keutuhan bangsa segalanya

Wapres Ingin Masa Jabatan Bersama Jokowi Berakhir Husnul KhotimahWapres Ma’ruf Amin meresmikan Pembukaan Kepri Ramadan Fair 2024 (KURMA 2024) dan Seminar Produk Halal Go Global di Riau pada Jumat (15/03/2024). (dok. Setwapres)

Ma'ruf berpesan kepada awak media yang hadir agar terus membantu pemerintahan berikutnya, khususnya dalam menjaga keutuhan bangsa. 

“Keutuhan bangsa itu lebih dari segalanya. Sebab itu modal, kalau negara itu sudah tidak utuh, saya kira tidak mungkin kita bisa membangun dengan baik,” pesannya.

Baca Juga: Prevalensi Stunting Hanya Turun 0,1 Persen, Wapres: Segera Evaluasi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya