Temui Anak Punk di Jombang, Risma: Tak Ajari Buka Kafe Mau?

Mensos berikan pembinaan 11 anak jalanan

Jakarta, IDN Times - Rombongan mobil  Menteri Sosial Tri Rismaharini mendadak berhenti saat melintasi perempatan Gambiran, di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (8/2/2022).

Rombongan Risma yang seharusnya menuju Kantor Kecamatan Ngoro tiba-tiba menepi dan berhenti di emperan toko pada pukul 11.00 WIB.

Risma bergegas turun dari mobil dan menuju sekelompok anak-anak punk yang tengah tidur-tiduran di emperan toko.

"Ini kalian ngapain kok di sini ini? Kamu mau ke mana? Iki Bojomu (ini istrimu )? Bojomu kok mbok jak glandang ki yok opo (Istrimu kok kamu ajak mengelandang itu kenapa)," tanya Risma.

1. Risma berikan pesan pada anak-anak jalanan

Temui Anak Punk di Jombang, Risma: Tak Ajari Buka Kafe Mau?Menteri Sosial Tri Rismaharini mendatangi anak jalanan di Jombang, Selasa (8/2/2022). (dok. Kemensos)

Risma kemudian menanyakan asal daerah 11 orang tersebut satu persatu. Mereka mengaku dari berbagai daerah, di antaranya Semarang, Sragen, Demak, hingga Malang.

Risma memberikan pesan agar mereka segera kembali pada kehidupan yang normal dan bisa berubah.

"Mau sampai kapan kalian kayak gini. Gak pengen berubah kamu? Sekarang sudah bisa sekolah, kenapa kamu kok tidak sekolah. Ibuku ya lulusan SD, tapi anaknya tidak boleh lulusan SD, ngerti ya. Makanya abis ini kamu kerja, tak ajari," kata Risma.

Baca Juga: Gara-gara Risma, Pemulung Ini Kini Kerja Kantoran dengan Gaji Jutaan

2. Risma menawarkan pekerjaan pada anak jalanan

Temui Anak Punk di Jombang, Risma: Tak Ajari Buka Kafe Mau?Menteri Sosial Tri Rismaharini mendatangi anak jalanan di Jombang, Selasa (8/2/2022). (dok. Kemensos)

Risma kemudian menawarkan pekerjaan pada anak-anak punk tersebut salah satunya membuka kafe.

"Nanti habis ini kamu kerja tak ajari, nyambut gawe (bekerja), buka kafe mosok rak iso, ngko tak ajari (membuka kafe saja tidak bisa nanti saya ajari)," ujar Risma.

"Nanti kamu pulang tak antar, mampir ke tempat ku satu per satu. Kamu balik ke orang tuamu ya. Nanti tak cari beneran loh kamu. Setelah ini kamu tak cari," kata dia.

3. Risma meminta Dinas Sosial Jombang memberikan pembinaan

Temui Anak Punk di Jombang, Risma: Tak Ajari Buka Kafe Mau?Menteri Sosial Tri Rismaharini mendatangi anak jalanan di Jombang, Selasa (8/2/2022). (dok. Kemensos)

Mensos juga meminta Dinas Sosial Jombang dan balai terdekat untuk mendata dan membantu memulangkan ke daerah asal.

Risma juga menginstruksikan kepada Balai Besar Prof. Soeharso Surakarta, untuk melakukan asesmen terhadap anak-anak tersebut. Dari asesmen bisa ditentukan jenis layanan yang sesuai untuk mereka.

"Tolong dibina dulu baru diajari kerja. Misalnya mengelola kafe atau jualan pulsa atau lainnya. Mereka yang orang tuanya juga hidup di jalanan, sekalian diberikan asesmen dan ajari kerja juga untuk orang tuanya," katanya.

Data Balai Besar Prof. Soeharso Surakarta, ada 11 orang yang akan mendapatkan pembinaan. Mereka terdiri dari 4 orang perempuan dan 7 orang laki- laki yang telah tiba di balai.

Diketahui agenda Risma berada di Kabupaten Jombang untuk mengakselerasi pencairan bansos. Dijadwalkan bansos tuntas tersalurkan pada 15 Februari 2022.

Baca Juga: Menteri Risma Pantau Pencairan BPNT di Jombang Masih Tinggi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya