Taman Ismail Marzuki Bagi-Bagi Makanan Khas Betawi 5 Hari, Gratis! 

TIM rayakan HUT ke-55 mulai 8 sampai 12 November 2023

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan akan membagikan makanan khas Betawi secara gratis untuk masyarakat dalam rangka
perayaan HUT ke-55 Taman Ismail Marzuki (TIM) di Kawasan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat mulai dari 8 sampai 12 November 2023.

Kepala UP Pengelola Pusat Kesenian Jakarta TIM, Arif Rahman mengatakan, kuliner yang disuguhkan secara gratis merupakan makanan khas betawi seperti bir pletok, es selendang mayang, kerak telor, dan sebagainya.

"Ini kita siapkan 1.000 porsi makanan secara gratis untuk masyarakat," ujar Arif di TIM, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Taman Ismail Marzuki HUT ke-55, Ada Beragam Acara Gratis

1. Tidak ada biaya alias gratis

Taman Ismail Marzuki Bagi-Bagi Makanan Khas Betawi 5 Hari, Gratis! Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, dalam konpers ulang tahun ke 55 Taman Ismail Marzuki, Senin (6/11/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain kuliner, masyarakat juga bisa menikmati beragam acara seni, teater, musik, live mural, pertunjukan musik, pameran seni rupa inklusif, festival WBTb, pertunjukan Planetarium mini, bazar UMKM, pidato kebudayaan.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, memastikan semua acara selama perayaan ulang tahun TIM bisa dinikmati masyarakat secara gratis tanpa biaya apa pun, Meski demikian, dalam acara tertentu membutuhkan registrasi perserta agar acara berlangsung nyaman

"Hanya dicatat atau registrasi saja misalkan saat di Teater, ini karena kami ingin menjaga kenyamanan saja. Misalkan acara Huriah Adam, nanti dimungkinkan (Teater) terisi penuh, sehingga registrasi menjadi penting, karena kita tidak ingin juga terlalu padat," katanya.

2. Wadah ekspresi para seniman dan budayawan

Taman Ismail Marzuki Bagi-Bagi Makanan Khas Betawi 5 Hari, Gratis! Kawasan Taman Ismail Marzuki dan Planetarium Observatorium Jakarta (POJ). (IDN Times/Besse Fadhilah)

Iwan menyatakan, momen perayaan Hari Ulang Tahun TIM sangat penting mengenang warisan Ismail Marzuki dan mengapresiasi peran penting yang dimainkan oleh Taman Ismail Marzuki dalam mempromosikan seni dan budaya.

"Ini sekaligus menjadi wadah ekspresi para seniman dan budayawan," ujar Iwan.

3. Rangkaian acara mulai 8 sampai 12 November

Taman Ismail Marzuki Bagi-Bagi Makanan Khas Betawi 5 Hari, Gratis! Taman Ismail Marzuki/ IDN Times / Ileny Rizky

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi yaitu pra-event yang dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 9 November 2023, dan main event yang dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 12 November 2023.

Rangkaian kegiatan akan diisi oleh live mural, pertunjukan musik, teater, pameran seni rupa inklusif, festival WBTb, pertunjukan planetarium mini, bazar UMKM, pidato kebudayaan pembagian makanan khas Betawi secara gratis serta penampilan artis ibukota yakni Krispatih.

"Tema yang dipilih pada tahun ini yaitu TIM Ruang Bersama Dalam Cipta & Karya yang bermakna harapan agar Taman Ismail Marzuki tetap menjadi ruang para seniman untuk menghasilkan karya-karya seni yang berkualitas, dan menciptakan ekosistem seni budaya yang lebih harmonis dan kondusif," katanya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya