Taklukan Berlin Marathon 42 KM, Menkes: Finis Rasanya Kaki Sakit

Menkes siapkan diri sejak Februari hadapi Berlin Marathon

Intinya Sih...

  • Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menaklukkan Berlin Marathon 2024 bersama istri, setelah persiapan matang selama delapan bulan.
  • Budi rutin berlatih lari empat hingga lima kali seminggu, termasuk recovery run dan strength training, sebagai persiapan fisik untuk menghadapi maraton.
  •  

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, berhasil menaklukkan Berlin Marathon 2024 sejauh 42,2 kilometer bersama sang istri, Ida Rachmawati pada Minggu (29/9/2024). 

Budi blak-blakan mengaku tidak mudah menyelesaikan sampai garis finis ajang olahraga bergengsi di Jerman yang menyedot perhatian para pelari di seluruh dunia ini. Ia mengatakan, butuh waktu dan persiapan matang.

Tak main-main, Budi mempersiapkan diri sejak Februari atau selama delapan bulan untuk menghadapi debutnya di Berlin Marathon.

"Latihan sejak Februari sampai September, major maraton pertama. Pas finis, rasanya kaki sakit semua," ujar dia kepada IDN Times, Senin (30/9/2024).

Baca Juga: Keren! Menkes Budi Gunadi Berhasil Taklukkan Berlin Marathon 42,2 Km

1. Latihan 4 sampai 5 kali seminggu

Taklukan Berlin Marathon 42 KM, Menkes: Finis Rasanya Kaki SakitMenkes Budi Gunadi Sadikin ikuti Berlin Marathon. (dok. Pribadi/Budi Gunadi Sadikin)

Di sela kesibukannya sebagai Menkes, Budi selalu menyiapkan waktu untuk lari empat sampai lima kali dalam seminggu. Budi membutuhkan persiapan fisik mulai dari recovery run, strength training, dan long run.

"Saya dan istri gak nyangka dengan persiapan beberapa bulan terakhir. Kami selalu menyempatkan waktu di sela kesibukan untuk latihan lari 4 sampai 5 kali seminggu. Mulai dari recovery run, strength training dan long run. Memang, tiada usaha yang mengkhianati hasil," ujarnya.

Baca Juga: Menkes Buka Suara soal Masuk Bursa Calon Menkeu Prabowo

2. Budi ambisi 6 major maraton sampai tahun 2025

Taklukan Berlin Marathon 42 KM, Menkes: Finis Rasanya Kaki SakitMenkes Budi Gunadi Sadikin ikuti Berlin Marathon. (dok. Pribadi/Budi Gunadi Sadikin)

Momen sejarah tersebut dibagikan Budi melalui akun media sosial Instagram-nya. Dia juga berambisi untuk keliling dunia menuntaskan 6 major maraton.

"Ini adalah virgin full maraton saya dan saya akan terus berambisi untuk keliling dunia, menuntaskan 6 major marathon sampai tahun 2025 nanti," ujar Budi dalam caption di akunnya, @bgsadikin.

Baca Juga: Dituding Hoaks Soal Bullying Pendidikan Dokter, Ini Kata Menkes Budi

3. Serasa jalan kaki Jakarta-Bogor

Taklukan Berlin Marathon 42 KM, Menkes: Finis Rasanya Kaki SakitMenkes Budi Gunadi Sadikin ikuti Berlin Marathon. (instagram.com/bgsadikin)

Budi ingin menjadi inspirasi bagi masyarakat agar rutin berolahraga. Apalagi, Budi yang usianya sudah capai 60 tahun bisa lari sejauh 42 kilometer 

"Pesan saya kepada masyarakat, saya yang sudah terkategori lansia saja, bisa lari 42 kilometer lho! Serasa dari Jakarta ke Bogor menggunakan kaki saja. Jangan lupa olahraga terus ya," pesannya.

Baca Juga: Menkes dan Dirjen Yankes Dilaporkan ke Polisi soal PPDS Undip

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya