Sungai Ciliwung Meluap, Kampung Melayu Banjir 50 Cm 

Genangan berkurang dari 19 RT menjadi 4 RT di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota tergenang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada sebanyak 4 RT yang terdampak.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 19 RT saat ini menjadi 4 RT atau 0.012 persen dari 30.772 RT persen," ujar Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang, dalam keterangannya, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga: Kali Mampang dan Krukut Meluap, 8 RT di Kuningan Barat Banjir 1 Meter

1. Luapan sungai Ciliwung membuat 4 RT tergenang

Sungai Ciliwung Meluap, Kampung Melayu Banjir 50 Cm Seorang anak bermain bola saat banjir melanda Tegal Parang di Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022 siang membuat sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Michael mengatakan, wilayah yang masih terdampak hujan saat ini ada di Jakarta Timur, yaitu Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian air 50 centimeter.

"Jakarta Timur terdapat 4 RT yang terdiri dari kelurahan Kampung Melayu, jumlah 4 RT, ini disebabkan karena curah hujan tinggi dan luapan sungai Ciliwung," katanya.

Baca Juga: Hujan Guyur Jakarta, Wilayah di Jaksel Banjir hingga 1,5 Meter

2. Sejumlah wilayah yang sudah surut pagi ini

Sungai Ciliwung Meluap, Kampung Melayu Banjir 50 Cm Laporan BNPB soal banjir di sejumlah wilayah di DKI Jakarta (Dok. BNPB)

Meski begitu, beberapa wilayah juga sudah surut dari banjir. Antara lain Kelurahan Cililitan sebanyak 1 RT, Kelurahan Cawang 5 RT, Kelurahan Tegal Alur 2 RT.

Selanjutnya Kelurahan Rawa Buaya sebanyak 2 RT, Kelurahan Rawajati 2 RT, dan Kelurahan Bidara Cina 3 RT.

Baca Juga: Disdik DKI Batalkan 495 Murid Penerima KJP

3. Genangan di Jakarta ditargetkan cepat surut

Sungai Ciliwung Meluap, Kampung Melayu Banjir 50 Cm Warga berusaha melintasi genangan air luapan Kali Jantung sehingga banjir terjadi di Perimahan Tirta Mandala, Cilodong, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

BPBD DKI menargetkan genangan di sejumlah wilayah surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," imbau Michael

Baca Juga: [BREAKING] Kereta Api Turangga Tabrakan di Bandung

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya