Sidak ke Kemenag, Pansus Haji Temukan Siskohat Bisa Dijebol

Siskohat bisa dipermainkan manusia untuk antrean calon haji

Jakarta, IDN Times - Pansus Haji DPR melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Subdit Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Sidak dipimpin oleh Wakil Ketua Marwan Dasopang didampingi anggota Saleh Daulay, Arteria Dahlan hingga Marwan Jafar ini. Mereka melakukan investigasi terkait sistem pencatatan antrean haji kepala Kepala Subdirektorat Data dan Sistem Informasi Haji, Hasan Affandi selama 1,5 jam.

Hasilnya, Pansus Haji menyatakan Siskohat ternyata bisa jebol dan dipermainkan oleh manusia untuk antrean jemaah calon haji.

"Sebetulnya dalam hal data-data yang kita buka tadi itu sudah diperbincangkan di rapat pansus, itu sudah ditemukan bahwa Siskohat yang mereka sebut itu tidak bisa dijebol, tidak bisa diutak-atik, eh ternyata bisa," katanya.

Bukan hanya Siskohat untuk haji reguler, bahkan Siskohat untuk haji khusus bisa diutak-atik.

"Jadi semuanya bisa (haji khusus dan reguler). Nah tentu di sini akan ada pertanyaan berikutnya, sebetulnya yang memerintahkan untuk bisa tembus untuk diubah itu siapa?" ujarnya.

Baca Juga: Pansus Haji Geram, Pejabat Kemenag Izin ke Makkah Ternyata di Kantor

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya