Seluruh Warga DKI Cetak Ulang KTP 2024, Sekda: Butuh Anggaran Besar

Pemprov DKI akan membahas seacra teknis untuk anggaran

Jakarta, IDN Times - Sekretaris DKI Jakarta Joko Susanto mengakui pencetakan ulang E-KTP warga DKI usai Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta akan memakan anggaran besar. Untuk itu, Joko akan membahas secara teknis terkait perubahan E-KTP tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Joko dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) Jakarta pasca-pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di DPRD DKI Jakarta, Selasa (19/9/2023).

"Sebenernya otomatis kalau DKI ganti semua judulnya pasti ganti jadi DKJ. Saya belum pernah rapat soal ini, tetapi ini otomatis. Kita akan membahas teknis karena butuh anggaran besar," ujar Joko.

 

1. Perubahan KTP akan dilakukan bertahap

Seluruh Warga DKI Cetak Ulang KTP 2024, Sekda: Butuh Anggaran Besarfoto hanya ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaludin, mengatakan memang seharusnya saat DKI Jakarta berubah menjadi DKJ tentunya harus juga ada perubahan secara redaksional di dalam KTP bagi warga DKJ.

"Hal itu pasti akan dilakukan secara bertahap, hal ini di karenakan agar proses perubahan berjalan tertib dan menyesuaikan dengan stok blanko yang tersedia setiap harinya," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (18/9/2023).

 

Baca Juga: Jakarta Bakal Jadi DKJ, PSI Tolak Wacana Cetak Ulang e-KTP

2. Disdukcapil kejar perekaman pemilih pemula

Seluruh Warga DKI Cetak Ulang KTP 2024, Sekda: Butuh Anggaran BesarIlustrasi perekaman KTP elektronik (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Selain untuk pencetakan ulang, Disdukcapil juga akan mengejar pemilih pemula. Budi akan melakukan koordinasi dengan KPU, sebab jumlah DPT belum ber-KTP ada 120 ribu orang, dari jumlah tersebut sebanyak 40 ribu sudah dicetak.

"43 ribu sedang kita kejar untuk melakukan perekaman, sisanya (37 ribu) belum dilakukan pencetakan karena memang masih menunggu mereka berusia 17 tahun,” tuturnya.

 

3. Dirjen Dukcapil akan kirimkan surat pada Heru

Seluruh Warga DKI Cetak Ulang KTP 2024, Sekda: Butuh Anggaran BesarPj. Gubernur Heru Ajak Camat, Lurah, hingga Pasukan Pelangi Jajal LRT Jabodebek. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Oleh karena itu, lanjut Budi, Dirjen Dukcapil akan bersurat ke Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait ketersediaan blangko KTP.

"Dirjen Dukcapil akan bersurat terkait blangko KTP untuk melakukan hibah sebanyak 3 juta keping untuk kesiapan 2024. Mudah-mudahan ini bisa disetujui karena ini untuk kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Wapres Bakal Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Kawasan Usai Jakarta Jadi DKJ

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya