Polisi Datangi Rumah Kadiv Propam Usai Baku Tembak, Sebut Ada Acara

Petugas polisi yang berjaga mengaku ada acara pada warga

Jakarta, IDN Time- Puluhan anggota Propam mendatangi rumah singgah Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, tidak lama setelah insiden baku tembak dua ajudannya terjadi, Jumat (12/7/2022) malam.

Namun, sejumlah mobil polisi yang terparkir di lapangan dan jalan depan rumah berlantai dua tersebut tidak membuat warga Kompleks Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan curiga. Termasuk keramaian di dalam rumah tersebut.

Ketua RT setempat, Seno Sunarto, mengatakan, banyaknya polisi yang berkumpul di rumah warga atau lapangan dalam komplek merupakan hal yang biasa. Apalagi lingkungan tersebut memang dihuni oleh para pejabat aktif atau pensiunan Polri.

“Saya lihat rata-rata Propam semua malam itu,” ujar pensiunan dari kepolisian tersebut di rumahnya, Selasa (12/7/2022).

1. Petugas sebut sedang ada acara pada warga

Polisi Datangi Rumah Kadiv Propam Usai Baku Tembak, Sebut Ada AcaraRumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Seno menambahkan, saat keramaian tersebut dikonfirmasi, petugas kepolisian yang datang hanya mengatakan bahwa di dalam rumah Ferdy sedang berlangsung suatu acara. Namun tidak ada keterangan lebih lengkap tentang acara apa yang sedang digelar.

“Saat ditanya, petugas bilang lagi ada acara. Acara apa saya gak tahu karena juga tidak izin,” katanya.

Baca Juga: Tewas Ditembak Bharada E, Jenazah Brigadir J Dimakamkan di Jambi

Baca Juga: Kompolnas Minta Penembak Brigadir J Harus Dilindungi, Ada Apa?

2. Warga asumsikan suara tembakan adalah petasan

Polisi Datangi Rumah Kadiv Propam Usai Baku Tembak, Sebut Ada AcaraKetua RT 05 RW 01 Kompleks Polri Duren Tiga, Seno Sunarto (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menurut Seno, dia baru mengetahui kejadian nahas tersebut pada Senin (11/7/2022). Dia mengatakan, saat kejadian, memang ada sejumlah warga yang mendengar suara tembakan. Namun diasumsikan sebagai suara petasan karena momentum yang berdekatan dengan Hari Raya Idul Adha.

"Saya tidak mendengar apa-apa. Jadi saya panggil satpam, dia bilang suara tembakan itu seperti suara petasan, karena memang sering main kembang api jika hari raya, baik Idul Adha maupun Idul Fitri. Jadi orang sekitar ini menganggapnya suara kembang api mungkin," katanya.

3. Suara tembakan samar-samar

Polisi Datangi Rumah Kadiv Propam Usai Baku Tembak, Sebut Ada AcaraRumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Seno mengakui bahwa pendengarannya berkurang sehingga saat kejadian suara tembakan tidak terdengar kencang. Oleh karena itu, untuk memastikannya dia bertanya kepada satpam dan keluarganya.

"Suara gak kencang, maaf aja saya sudah ini (kurang pendengarannya) tidak dengar. Tapi saya tanya keluarga juga tidak ada yang mendengar, tetangga juga tidak dengar kencang, maka saya tanya satpam," ujarnya.

Baca Juga: Olah TKP Baku Tembak Ajudan Propam Diam-Diam, Ketua RT: Saya Gak Tahu

Baca Juga: Dor Dor Dor! Kesaksian Ketua RT saat 2 Ajudan Sambo Saling Baku Tembak

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya