Pengemis Modus Kaki Buntung Terinspirasi Youtube Diciduk Dinsos DKI

Pengemis di Jaktim sudah dirujuk ke PSBI

Intinya Sih...

  • Dinas Sosial DKI Jakarta merujuk pengemis pemalsu kaki buntung ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur.
  • Pengemis terbukti berpura-pura memiliki kaki buntung setelah diakui sendiri dan mengaku mendapatkan inspirasi dari channel Youtube.
  • Monitoring rutin dilakukan oleh Satgas P3S Dinas Sosial dan Suku Dinas Sosial 5 wilayah terhadap PPKS di Jakarta, telah menjangkau 4.521 PPKS sejak Januari sampai bulan Agustus 2024.

Jakarta, IDN Times - Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui Satgas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial membantu seorang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) merujuk pengemis yang berpura-pura memiliki kaki buntung di Jakarta Timur.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengatakan, awalnya pengemis tersebut mengaku kakinya buntung. 

"Namun setelah dilakukan asesmen oleh petugas, pengemis tersebut mengaku bahwa hal itu hanya modus belaka. Kaki pengemis tersebut tidak buntung, melainkan dilipat di dalam celana yang digunakan berlapis," ujar Premi dalam keterangan, Senin (30/9/2024).

Baca Juga: Viral, Nenek Pengemis di Jakut Ternyata Punya Rumah 3 Lantai

1. Inspirasi ngemis modus kaki buntung dari Youtube

Pengemis Modus Kaki Buntung Terinspirasi Youtube Diciduk Dinsos DKIIlustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Premi mengatakan, pengemis tersebut mengaku mendapatkan inspirasi dari channel Youtube yang mengajarkan mengemis dengan modus kaki buntung.

“Setelah mengetahui hal tersebut, petugas pun langsung meminta pengemis tersebut untuk memperlihatkan kakinya dan memang benar ternyata kakinya sehat, tidak buntung. Ia mengaku melakukan aksinya dengan mencontoh pengemis serupa dari sebuah channel di Youtube,” paparnya.

2. Pengemis asal Surabaya sudah dirujuk

Pengemis Modus Kaki Buntung Terinspirasi Youtube Diciduk Dinsos DKIDinsos DKI rujuk pengemis asal Surabaya ke Cipayung/dok Instagram dinsosdki

Berdasarkan Pergub Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pola Penanganan PMKS, maka Petugas P3S melakukan penjangkauan dengan membawa pengemis tersebut untuk didata dan diberikan pembinaan dasar di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur.

"Saat ini, pengemis yang diketahui bernama Bowo Santoso (43) asal Surabaya sudah dirujuk ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur untuk diberikan layanan dan bimbingan sosial lebih lanjut. Hal ini sesuai dengan Pergub Nomor 169 Tahun 2014 tentang Pola Penanganan PMKS," paparnya.

3. Dinsos DKI jaring 4.521 PPKS

Pengemis Modus Kaki Buntung Terinspirasi Youtube Diciduk Dinsos DKIunsplash.com

Premi mengatakan, demi menjaga kenyamanan warga Jakarta, Satgas P3S Dinas Sosial dan Suku Dinas Sosial 5 wilayah secara rutin melakukan monitoring wilayah dan juga melakukan penghalauan serta penjangkauan terhadap PPKS di Jakarta. 

Terdata sejak Januari sampai bulan Agustus 2024, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah menjangkau sebanyak 4.521 PPKS. Adapun PPKS terbanyak yang dijangkau adalah gelandangan sebanyak 1.080, orang terlantar sebanyak 742 dan ODGJ sebanyak 585 orang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya