Pemprov DKI Terjunkan Ribuan Petugas di Jakarta Marathon 2024  

Pengetatan keamanan imbas jambret viral di CFD

Intinya Sih...

  • Pengetatan keamanan di CFD imbas viralnya aksi jambret
  • DKI Jakarta mengerahkan ribuan petugas untuk amankan Jakarta International Marathon
  • Dinas Perhubungan DKI akan perketat keamanan di CFD setelah foto jambret viral

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan pihaknya akan menerjunkan ribuan petugas untuk mengamankan Jakarta International Marathon yang akan digelar Minggu (23/6/2024) mendatang. 

Pengetatan keamanan ini merupakan imbas dari viralnya foto jambret yang beraksi saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD) belum lama ini.

"Ya, kemarin saya sudah rapatkan, trantib akan mengerahkan kurang lebih 2.400 petugas dan Dinas Perhubungan mengerahkan 1.500 anggota," ujar Heru di Jakarta Timur, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Viral Jambret di CFD Dipotret Fotografer, Polisi Kantongi Identitas

1. Dishub DKI akan perketat keamanan CFD

Pemprov DKI Terjunkan Ribuan Petugas di Jakarta Marathon 2024  Jambret tertangkap kamera saat beraksi di CFD pada Minggu (16/6/2024). (Instagram.com/asnanfoto)

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memperketat keamanan di kawasan CFD setelah dua potret diduga pelaku jambret viral di media sosial.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi (Dalops) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Harlem Simanjuntak, menegaskan, pihaknya bersedia meningkatkan pengamanan di area CFD dan akan segera menindaklanjuti persoalan tersebut.

“Akan kami cek jam berapa si pengendara motor (pelaku jambret) ini masuk ke lokasi HBKB dan dari jalan mana masuknya ke area HBKB. Dalam kondisi seperti apa si pengendara masuk lokasi HBKB karena semua titik penjagaan sudah kami tempatkan anggota,” ujar Harlem.

Baca Juga: Kronologi Remaja Jadi Korban Jambret di CFD, Tampang Pelaku Viral

2. Potret terduga jambret di CFD viral

Pemprov DKI Terjunkan Ribuan Petugas di Jakarta Marathon 2024  Jambret tertangkap kamera saat beraksi di CFD pada Minggu (16/6/2024). (Instagram.com/asnanfoto)

Diketahui, aksi terduga pelaku jambret HP tersebut terpotret oleh seorang fotografer olahraga bernama Roni Asnan.

Dalam akun Instagram pribadinya, @asnanfoto, Roni mengunggah 8 foto yang menampilkan wajah kedua pelaku beserta motor dan pelat nomornya. Aksi pelaku terekam kamera saat menjambret warga yang sedang lari di area CFD pada Minggu (16/6/2024).

3. Jakarta International Marathon meriahkan HUT Jakarta

Pemprov DKI Terjunkan Ribuan Petugas di Jakarta Marathon 2024  Ilustrasi orang sedang maraton (pixels.com/Heber Vazquez)

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, event Jakarta International Marathon itu diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta, Jakim 2024 akan dipusatkan di sekitar area silang Barat Laut Monas dan finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Pemprov DKI Jakarta pun akan menutup 36 ruas jalan selama perhelatan berlangsung.

"Selain 16 rute alternatif untuk area Sudirman hingga Thamrin, Pemprov Jakarta tetap menjamin transportasi umum, yakni TransJakarta, MRT, LRT, dan KRL tetap beroperasi saat acara berlangsung. Bahkan, jam operasional transportasi umum tersebut juga ditambahkan untuk memfasilitasi peserta dan pengunjung acara maraton," ucapnya.

Baca Juga: Zulhas Ngotot Usung RK di Pilkada DKI, Airlangga: Masih Pembahasan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya