Pasukan Paskibraka 17 Agustus di DKI Banyak yang Berhijab

Heboh larangan hijab untuk paskibraka

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengukuhkan 42 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi DKI Jakarta 2024, di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Rabu (14/8/2024).

Berbeda dengan pengukuhan Paskibraka Istana Ibu Kota Nusantara (IKN), pantauan IDN Times, sejumlah Paskibraka putri Pemprov DKI Jakarta tetap menggunakan hijab saat dikukuhkan di ruang Balai Agung.

"Kami mengucapkan selamat kepada adik-adik yang telah terpilih sebagai anggota Paskibraka. Semoga amanat ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi adik-adik semuanya, serta menjadi contoh pembelajaran dan pengalaman makna kemerdekaan RI di masa yang akan datang," ujar Heru.

1. Petugas bertanggung jawab setiap kegiatan upacara setahun

Pasukan Paskibraka 17 Agustus di DKI Banyak yang BerhijabPenjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengukuhkan 42 Paskibraka Provinsi DKI Jakarta 2024, di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Rabu (14/8)/dok Humas Pemprov DKI

Heru mengatakan petugas yang membawa dan mengibarkan bendera tersebut, telah diberikan amanat untuk bertanggung jawab dalam setiap kegiatan upacara yang ditugaskan oleh Pemprov DKI Jakarta selama setahun ke depan.

Heru menyematkan lencana merah putih garuda kepada salah satu perwakilan Paskibraka. Setelah itu, dilakukan prosesi foto bersama para anggota Paskibraka beserta para orangtua

Baca Juga: Istana Pastikan  Paskibraka Tidak Lepas Hijab Saat Upacara 17 Agustus

2. Dua petugas bertugas di IKN

Pasukan Paskibraka 17 Agustus di DKI Banyak yang BerhijabPenjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengukuhkan 42 Paskibraka Provinsi DKI Jakarta 2024, di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Rabu (14/8)/dok Humas Pemprov DKI/dok Humas Pemprov DKI

Dalam konferensi persnya, Heru mengatakan total anggota Paskibraka Provinsi DKI Jakarta sebelumnya ada 44 orang. Namun, dua anggota lainnya telah dikirim mewakili tingkat nasional untuk upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI di IKN (Ibu Kota Nusantara).

"Saya saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang telah terpilih sebagai Paskibraka 2024, dan dua diambil tingkat nasional, yang kemarin di IKN sudah dikukuhkan oleh Bapak Presiden. Hari ini, saya mengukuhkan Paskibraka 2024 tingkat provinsi," katanya.

3. Tetap gunakan hijab

Pasukan Paskibraka 17 Agustus di DKI Banyak yang BerhijabPenjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta a Heru Budi Hartono usai mengukuhkan paskibraka di Balai Agung, Rabu (14/8/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru memaparakan Paskibraka Pemprov DKI berasal dari semua wilaahyJakarta baik Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

"Paling banyak Jaktim, kedua Jaksel, ketiga Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan terakhir Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu ada satu," katanya.

Terkait pemakaian hijab pada Paskibraka putri, Heru mengatakan mereka tetap menggunakan hijab sejak proses pendaftaran.

"Adik-adik putri harus sebagai mana mereka mendaftar menggunakan jilbab , ya tetap gunakan. Ini tadi Mbak Galuh, lalu tadi ada beberapa," kata Heru menunjuk Paskibraka putri yang ada disampingnya.

Baca Juga: Profil Violetha Agryka Sianturi, Anggota Paskibraka IKN Asal Sumut

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya