Pansus Haji Nilai Carut Marut Haji 2024 karena Ada Intervensi Menag

Wakil Ketua Marwan Dasopang sebut Siskohat bisa dijebol

Jakarta, IDN Times - Pansus Haji DPR menilai carut marut penyelenggaraan Haji 2024, seperti alokasi kuota dan sistem antrean haji, akibat adanya intervensi pejabat Kementerian Agama (Kemenag), termasuk Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Anggota Pansus Angket Haji DPR RI, Marwan Jafar, mencontohkan permainan dalam pemberangkatan melalui kota haji khusus dengan harga tertentu. Temuan ini juga didapatkan dari pengakuan travel haji.

"Kita bisa tebak tangan-tangan siapa, kalau atas direktur, dirjen atasannya lagi berarti menteri. Di antara orang-orang itulah yang kira-kira membuat intervensi carut marutnya haji 2024 ini," ujarnya saat melakukan sidak di gedung Kemenag, Rabu (4/9/2024).

Wakil Ketua Marwan Dasopang menyatakan Siskohat ternyata bisa jebol dan dipermainkan oleh manusia untuk antrean jemaah calon haji.

"Sebetulnya dalam hal data-data yang kita buka tadi itu sudah diperbincangkan di rapat Pansus, itu sudah ditemukan bahwa Siskohat yang mereka sebut itu tidak bisa dijebol, tidak bisa diutak-atik, eh ternyata bisa," katanya.

Bukan hanya Siskohat untuk haji reguler, bahkan Siskohat untuk haji khusus bisa diutak-atik.

"Jadi semuanya bisa (haji khusus dan reguler). Nah, tentu di sini akan ada pertanyaan berikutnya, sebetulnya yang memerintahkan untuk bisa tembus untuk diubah itu siapa?" ujarnya.

Baca Juga: Pansus Haji Sebut Kemenag Lakukan Dugaan Kecurangan Siskohat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya