Muhadjir Tepis Isu Mundur dari Kabinet Jokowi, Kutip Guyonan Gus Dur

Muhadjir masih bekerja di Kabinet Indonesia maju

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Menko PMK Muhadjir Effendy menepis isu akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju di bawah naungan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

Hal ini diungkapkan Muhadjir dalam keterangannya kepada awak media di Kantor Kemenko PMK, Rabu (7/2/2024).

“Isu saya mundur, ndak ada saya mundur" ujar Muhadjir.

 

1. Kutip guyonan Gus Dur

Muhadjir Tepis Isu Mundur dari Kabinet Jokowi, Kutip Guyonan Gus DurMenko PMK Muhadjir Effendy gelar konpers di Kantor Kemenko PMK, Rabu (7/2/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Muhadjir mengutip pernyataan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang guyon karena tidak bisa berjalan maju karena harus dituntun.

“Saya itu jangankan mundur. Kalau kata Gus Dur, maju aja dituntun, bagaimana mundur,” ujar Muhadjir.

Baca Juga: Menlu Retno Tepis Isu Mundur: Dengan Intensitas Kerja Begini, Percaya?

2. Retno Marsudi juga tepis mundur

Muhadjir Tepis Isu Mundur dari Kabinet Jokowi, Kutip Guyonan Gus DurMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Malaysia, Mohamad bin Hasan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sama hal Muhadjir, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi juga diisukan akan mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju. Saat dikonfirmasi, Retno mengaku heran dengan isu tersebut.

Retno mengaku, bekerja secara penuh menjalankan tugas sebagai Menteri Luar Negeri. 

"Percaya gak (saya mundur)? Sekarang aku tanya percaya gak dengan intensitas saya bekerja seperti ini, percaya gak?" ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Busyro Muqoddas Minta Jokowi Perintahkan Gibran Mundur dari Pemilu

3. Jokowi klaim semua menteri bekerja seperti biasa

Muhadjir Tepis Isu Mundur dari Kabinet Jokowi, Kutip Guyonan Gus DurPresiden Joko Widodo menyapa warga saat berjalan kaki di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Minggu (4/2/2024). Presiden Joko Widodo ditemani keluarga melakukan jalan santai di tempat itu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo buka suara terkait isu kondisi Kabinet Indonesia Maju yang diisukan tidak kondusif. Menurutnya, semua menteri juga bekerja seperti biasa.

"Ya biasa-biasa saja, gak ada masalah, yang kerja ya kerja, yang kunjungan ke daerah, kunjungan ke daerah, saya pun sama, saya rapat di Jakarta dan di daerah," ujar Jokowi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya