Muhadjir Minta Pejabat Turun ke Bawah, Hapus Kemiskinan Ekstrem 

fokus penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia Timur

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembagunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memberikan perhatian khusus terhadap upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di wilayah timur Indonesia.

Hal itu disampaikan saat memimpin “Rapat Koordinasi Regional V Wilayah Papua dan Maluku dalam Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2024” yang diselenggarakan di Kantor Kemenko PMK, Jumat, 9 Agustus 2024.

“Saya berharap koordinasi ini bisa memicu dan mendorong agar kita bisa menangani kemiskinan ekstrem secara merata, karena cita-cita kemerdekaan Indonesia yang tercantum dalam kalimat terakhir dari Undang-Undang Dasar 1945 adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Muhadjir dalam keterangan, Senin (12/8/2024).

1. Pejabat daerah diminta turun ke bawah

Muhadjir Minta Pejabat Turun ke Bawah, Hapus Kemiskinan Ekstrem Menko PMK Muhadjir Effendy pimpin rakor di gedung Kemenko PMK/dok Humas Kemenko PMK

Muhadjir meminta agar pemerintah daerah proaktif melakukan terobosan penanganan kemiskinan ekstrem, melalui pendekatan lokal dan meminta agar pejabat turun ke bawah.

"Pejabat daerah harus sering-sering ke bawah untuk tahu persis permasalahan di lapangan. Menurutnya, pemerintah pusat juga akan terus melakukan intervensi secara terukur untuk membantu program dan kebijakan pemerintah daerah berjalan dengan optimal," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Kebut Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dalam 5 Bulan

2. Penghapusan kemiskinan ekstrem dengan kondisi budaya di wilayah

Muhadjir Minta Pejabat Turun ke Bawah, Hapus Kemiskinan Ekstrem Potret penduduk miskin (IDN Times/Muhammad Nasir)

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono, mengatakan kementeriannya mendorong pemerintah daerah untuk mengintegrasikan program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan kondisi budaya dan kewilayahan masing-masing.

“Integrasi pembangunan dan budaya kewilayahan menjadi perhatian penting dan menjadi salah satu prioritas yang kami dorong kepada pemerintah daerah,” ujar Nunung.

Baca Juga: Kejar Target, Kemenko PMK Fokus Hapus Kemiskinan Ekstrem di Sumatera

3. Tren penurunan kemiskinan di Papua

Muhadjir Minta Pejabat Turun ke Bawah, Hapus Kemiskinan Ekstrem Menko PMK Muhadjir Effendy meresmikan gudang logistik atasi bencana kelaparan di Papua, Rabu (7/8/2024). (dok. Kemenko PMK)

Sementara, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Tengah, Ribka Haluk, menyampaikan pihaknya telah melakukan upaya dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat, khususnya Kemenko PMK dalam menangani kemiskinan ekstrem. 

Ribka mengatakan, telah ada tren penurunan positif dari program yang diarahkan secara khusus untuk kemiskinan ekstrem.

“Sudah ada tren penurunan yang positif dari data kemiskinan ekstrem di Papua Tengah. Ada program ekonomi kerakyatan dan pembangunan infrastruktur pendukung yang kami lakukan, termasuk diantaranya program pendidikan dan kesehatan,” ujar Ribka.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya