Masa Tenang, AHY Klaim Sudah Turunkan APK Partai Demokrat di Jakarta

Satpol PP DKI turunkan 309.633 APK parpol

Jakarta, IDN Times- Memasuki masa tenang Pemilu 2024, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Demokrat di Jakarta.

Pembersihan tersebut dilakukan bersama kader dan relawan pada Sabtu (10/2/2024) di wilayah Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

“Saya punya prinsip bahwa sesuatu itu sangat ditentukan oleh kepemimpinan, jadi salah satu bentuk kepemimpinan yang paling sederhana adalah memberikan contoh, artinya melakukan sendiri. Tentu harapannya ini bisa mengajak serta dan termasuk menginspirasi yang lainnya. Kalau hanya sekedar instruksi rasanya belum bisa secara utuh menunjukkan kepada seluruh kader pentingnya upaya ini,” tegas AHY dalam keterangan, Senin (12/2/2024).

1. Permudah pekerjaan Satpol PP

Masa Tenang, AHY Klaim Sudah Turunkan APK Partai Demokrat di JakartaSatpol PP DKI Turunkan ribuan APK di masa tenang. (dok. Satpol PP)

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, mengapresiasi langkah AHY yang membantu memimpin pembersihan APK. Menurutnya, tindakan tersebut bisa membantu pekerjaan Satpol PP.

"Harapkan ini bisa diteladani oleh kader-kadernya sehingga memudahkan pekerjaan kami. Sejak tengah malam tadi, kami sendiri sudah menurunkan aparat untuk melakukan pembersihan APK, “ lanjutnya.

Baca Juga: Satpol PP DKI Turunkan 309.633 APK di Masa Tenang

2. Satpol PP DKI Turunkan ribuan personel

Masa Tenang, AHY Klaim Sudah Turunkan APK Partai Demokrat di JakartaSatpol PP DKI Turunkan ribuan APK di masa tenang. (dok. Satpol PP)

Arifin mengatakan bahwa pihaknya telah menerjunkan ribuan personel Satpol PP untuk menurunkan alat peraga kampanye (APK) di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Hasilnya sampai Senin (11/2/2024) pukul 12.00 WIB, sebanyak 309.633 APK baik baliho spanduk, bendera, pamflet, stiker dan lainnya sudah diturunkan.

Arifin memastikan, bahwa APK sudah bersih pada masa tenang untuk menjaga situasi tetap kondusif pada Minggu hingga Selasa.

"Masa tenang adalah masa tidak diperbolehkan adanya aktivitas atau kegiatan berkampanye menjelang pemilihan umum. Sebanyak 2.300 personel kami kerahkan pada kegiatan tersebut Penurunan APK ini kami lakukan dengan menyisir jalan-jalan lingkungan dan jalan protokol di Jakarta," ujar Arifin

Baca Juga: Ini Nasihat JK ke Anies Baswedan di Masa Tenang Kampanye Pemilu 2024

3. Sejumlah jalan protokol dibersihkan dari APK

Masa Tenang, AHY Klaim Sudah Turunkan APK Partai Demokrat di JakartaSatpol PP DKI Turunkan ribuan APK di masa tenang. (dok. Satpol PP)

Arifin menambahkan, armada operasional dari berbagai perangkat daerah seperti mobil crane juga digunakan untuk memudahkan jangkauan pada saat penurunan APK.

Adapun kegiatan dilakukan di jalan protokol yakni Jalan Medan Merdeka, Patung Tani, Jalan Thamrin-Sudirman, kawasan Semanggi, Jalan S. Parman, Jalan Rasuna Said, dan Jalan M. T. Haryono.Selain itu, penurunan APK juga menyasar jalan lingkungan, jembatan layang (flyover), jembatan penyeberangan orang (JPO), serta fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) lainnya di Jakarta.

“Kita perlu memperhatikan faktor keselamatan. Oleh karena itu, kami juga menyiapkan mobil crane apabila ada APK yang dipasang di tempat ketinggian. Mari bersama kita ciptakan suasana yang tertib dan kondusif memasuki masa tenang dan menghadapi hari pemungutan suara Pemilu 2024,” imbaunya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya