Ma'ruf Amin: Ini Upacara Wada, Saya Pamitan

Ma'ruf ibaratkan perpisahan bak tawaf wada dalam ibadah haji

Intinya Sih...

  • Wakil Presiden Ma'ruf mengibaratkan upacara HUT RI sebagai perpisahan bak tawaf wada dalam ibadah haji.
  • Upacara tahun ini berkesan karena digelar di dua lokasi, Ibu Kota Negara Kalimantan Timur dan Istana Merdeka Jakarta.
  • Peringatan HUT ke-79 RI berbeda dari tahun sebelumnya, dengan upacara digelar di Ibu Kota Nusantara dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Tahun Ini, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf menjalani upacara HUT RI terakhir sebagai Wapres di Istana Merdeka Jakarta. Ma'ruf mengibaratkan upacara ini sebagai perpisahan bak tawaf wada dalam rangkaian haji.

"Bagi saya ini upacara wada, iya kan ada tawaf wada (tawaf pamitan), haji wada, nah sekarang ini upacara wada namanya pamitan untuk yang terakhir kali," kata kata Ma'ruf di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Ma'ruf menilai upacara tahun ini sangat berkesan karena digelar dua lokasi yakni Ibu Kota Negara, Kalimantan Timur, dan Istana Merdeka, Jakarta.

"Ya ini sangat berkesan karena ini yang terakhir. Sangat berkesan, ditambah lagi upacaranya tidak seperti biasa di dua tempat, ini momentum bersejarah," imbuhnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun, upacara peringatan HUT ke-79 RI hanya digelar di IKN. Ini merupakan kali pertama upacara 17 Agustus digelar di IKN.

Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB. Sedangkan upacara bendera dimulai pukul 10.00 WIB, ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara di IKN. Jokowi ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta. Ma'ruf ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Ma'ruf Amin dan Istri Pakai Baju Adat Pontianak Melayu di HUT ke-79 RI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya