Lalu Lintas Sekitar Istana Lancar Jelang Upacara HUT RI

Situasi di Istana Merdeka beda

Intinya Sih...

  • Upacara HUT RI ke-79 berlangsung di Istana Merdeka dengan situasi lebih lengang karena pusat kegiatan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara.
  • Upacara digelar di dua tempat, yaitu IKN sebagai pusatnya dan Istana Merdeka, dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.
  • Pantauan IDN Times menunjukkan arus lalu lintas di depan Istana Merdeka lancar, berbeda dengan upacara HUT ke-78 yang menyebabkan penutupan jalan. Warga juga mengamati penjagaan lebih longgar daripada tahun sebelumnya.

Jakarta, IDN Times - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang digelar di Istana Merdeka pada Sabtu (17/8/2024) tampak berbeda dengan tahun lalu. Situasi jadi lebih lengang pada tahun ini, mengingat pusat kegiatan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara.

Memang, ada konsep berbeda yang diterapkan di HUT kali ini. Upacara digelar di dua tempat, IKN sebagai pusatnya dan Istana Merdeka. Untuk di Istana Merdeka, upacara nantinya dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Pantauan IDN Times, arus lalu lintas di depan Istana Merdeka lancar. Situasi yang sama juga terlihat di kawasan Veteran III, dekat Istana Wakil Presiden. Kondisi ini tentu berbeda dengan upacara HUT ke-78 yang sudah terjadi penutupan di jalan.

Salah satu warga Jakarta, Fajar, mengatakan upacara HUT tahun lalu, banyak aparat sudah berjaga di sepanjang kawasan Medan Merdeka. Namun, kali ini penjagaan tidak terlalu ketat.

"Tahun lalu, di sini sudah penuh aparat, tapi kali ini beda," ucapnya.

Baca Juga: Debu Proyek Sambut Tamu HUT ke-79 RI di IKN

Topik:

  • Satria Permana
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya