Lahan Parkir JIS Jadi Sorotan, Dishub DKI Bakal Sediakan 5 Ribu Meter

Kemayoran dan Ancol juga diperuntukan untuk parkir JIS

Jakarta, IDN Times - Akses lahan parkir di Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu hal yang krusial. Hal itu berkaca dari pengalaman pengunjung saat penyelenggaraan konser Dewa 19 pada 4 Februari 2023 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan pemerintah akan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait penyediaan kantong parkir di JIS.

"Di ujung timur itu ada lahan yang bisa kita kerjasamakan sebagai lokasi parkir sekitar 5 ribu meter, yang nantinya akan kita optimasi," ujar Syafrin di Balai Kota, Senin (3/7/2023).

Baca Juga: Soal Renovasi JIS, Heru Akan Tambah Pintu Keluar Penonton

1. Dishub akan gandeng Ancol dan Kemayoran

Lahan Parkir JIS Jadi Sorotan, Dishub DKI Bakal Sediakan 5 Ribu MeterPengelola Ancol Taman Impian menutup seluruh area rekreasi dan wisata Pantai Ancol selama satu hari pada Sabtu (15/5) untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan evaluasi penguatan protokol kesehatan. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Syafrin mengatakan pihaknya juga akan menggandeng Ancol dan Kemayoran untuk penyediaan lahan parkir di kawasan JIS. Selain itu, Dishub juga menyediakan parkir di sejumlah titik seperti Jalan Danau Sunter Barat dan Sunter Permai.

"Untuk lokasi parkir itu, kami juga kerja sama dengan Parkir C Kemayoran, juga di Ancol, juga di beberapa titik di kawasan JIS, apakah itu Jalan Danau Sunter Barat kemudian di Jalan Sunter Permai. Itu juga di sana ada beberapa titik dan kemudian disiapkan shuttle bus," imbuhnya.

Baca Juga: Dibidik untuk Piala Dunia U-17, Kelayakan JIS Dievaluasi PUPR

2. Menteri PUPR soroti akses dan parkir

Lahan Parkir JIS Jadi Sorotan, Dishub DKI Bakal Sediakan 5 Ribu MeterMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan ada dua hal yang krusial di JIS untuk ditangani, yaitu akses dan parkir. 

"Pengalaman yang (konser) Dewa dulu ya karena anak saya juga lihat, keluarnya juga susah. Tapi nanti akan kita evaluasi dulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Pak Ketum," ujar Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Kamis (29/4/2023).

Baca Juga: Konser Dewa 19 di JIS Bikin Trauma, PSI Minta Akses Diperbaiki

3. Erick Thohir akan cek kesiapan JIS

Lahan Parkir JIS Jadi Sorotan, Dishub DKI Bakal Sediakan 5 Ribu MeterMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berkata, ke depan federasi akan mengecek kelayakan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai venue Piala Dunia U-17 2023. Dia ingin stadion tersebut sudah sesuai standarisasi FIFA.

"Termasuk soal JIS juga pasti akan kita cek. Jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tidak sesuai dengan standarisasi FIFA," ujar Erick di Istana Negara, Senin (26/5/2023).

Mengenai renovasi JIS, Erick mengaku PSSI akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kemen PUPR untuk pembenahan JIS. Peninjauan langsung ke lapangan juga akan jadi agenda yang dilakukan kelak.

"Saya sudah dapat laporannya sebenarnya tapi tentu nanti bersama Pak Heru sebagai Plt Gubernur, kira akan meninjau langsung bersama Pak Basuki (Menteri PUPR), kekurangan apa saja yang harus dilengkapi," kata Erick.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya