Kasus 2 Ayah Tiri Perkosa Anak di Lampung, Risma Turun Tangan

Kemensos akan berikan pendampingan psikologis

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi keluarga anak di bawah umur yang diperkosa dua ayah tiri di Lampung Tengah, Lampung. Risma sempat berbincang dengan ibu korban. 

Anak di bawah umur itu diperkosa dua ayah tirinya saat ibu korban tidak ada di rumah.

"Tadi saya sampaikan apa alasannya dia selalu pergi? Dia sampaikan bahwa dia utangnya banyak dan dia bekerja di tempat lain," kata Risma dalam keterangan tertulis, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga: Ketua MUI Lampung Mukri Kecam Penembakan Kantor MUI oleh Warga Lampung

1. Risma akan lunasi utang ibu korban

Kasus 2 Ayah Tiri Perkosa Anak di Lampung, Risma Turun TanganMensos Risma kunjungi korban rudapaksa di Lampung. (dok. Humas Kemensos)

Menanggapi hal itu, Mensos berjanji melunasi utang ibu korban dan memberikan bantuan modal usaha. Dalam pertemuan dengan ibu korban, Risma mewanti-wanti agar ada keluarga yang tinggal di rumah jika ibu kandung pergi bekerja.

"Jadi gak meninggalkan. Saya juga nitip keamanannya, untuk keamanan yang bersangkutan dan keluarganya," ujarnya.

Baca Juga: Mensos Risma Tinjau Kasus 2 Ayah Tiri Perkosa Anak SMP Lampung Tengah

2. Risma apresiasi pejabat setempat

Kasus 2 Ayah Tiri Perkosa Anak di Lampung, Risma Turun TanganMenteri Sosial Tri Rismaharini bertemu dengan 35 korban rudapaksa seorang guru honorer di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu (09/05/2023). (dok. Kemensos)

Sementara itu, Risma mengapresiasi Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Pahlevi Sanjaya beserta jajarannya yang telah merespons cepat kasus ini dan segera menangkap pelaku. Risma juga mengacungi jempol kepada lurah tempat korban tinggal yang mendorong keluarga agar berani melapor. 

"Saya juga disini selain mengucapkan terima kasih kepada Pak Kapolres dan jajarannya, saya juga sampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Lurah. Itulah yang men-support ibu korban ini supaya berani melapor," ujarnya. 

Baca Juga: Mensos Risma Beri Bantuan Rp3,3 M Bangun Rumah Tahan Bencana di Malaka

3. Kemensos akan membantu pemulihan psikologis korban

Kasus 2 Ayah Tiri Perkosa Anak di Lampung, Risma Turun TanganIDN TImes/Reza Iqbal

Kemensos akan membantu pemulihan psikologis korban beserta ibunya. Menurut Risma, ibu korban juga menunjukkan kondisi traumatis, bahkan kondisi kesehatannya juga menurun. Risma berjanji melakukan pemeriksaan fisik dan psikologis untuk keduanya. 

"Kita akan periksa lengkap setelah itu apa saran dari psikiater dan psikolog tadi selain pemeriksaan kesehatan untuk ibunya. Karena tadi saya liat ibunya traumanya dalam sekali," kata Risma.

Baca Juga: Kemensos Beri Pendampingan ke Korban Pemerkosaan 2 Ayah Tiri Lampung

4. Dua ayah tiri melakukan rudapaksa kepada anak di bawah umur

Kasus 2 Ayah Tiri Perkosa Anak di Lampung, Risma Turun TanganGERAK Perempuan lakukan aksi di Monas untuk memeringati hari International Women’s Day, di halaman Monas, Minggu (8/3) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Maraknya kejadian rudapaksa yang melibatkan keluarga membuat Risma mengimbau agar orangtua mengetatkan pengawasan kepada anak-anak. Orangtua diminta peka terhadap perubahan pada anak. Menurut Mensos, meskipun ibu bekerja mencari nafkah, anak tetap harus diperhatikan.

Adapun kasus rudapaksa ini viral di media setelah dilaporkan ke polisi. Dua ayah tiri melakukan rudapaksa kepada anak di bawah umur. Kejadian ini dilaporkan setelah bibi korban mendapati salah satu pelaku SMN (50) mengirimkan pesan cabul kepada anak. 

SMN telah melakukan aksi tercela kepada korban sejak 2019 hingga 2022. Setelah ditelusuri, ternyata ayah tiri berinisial FRM juga pernah melakukan hal serupa kepada korban pada 2023.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya