Kali Induk Kramat Jati Meluap, Jalan Raya Jakarta Bogor Banjir

BPBD DKI terjunkan 10 personel

Jakarta, IDN Times - Jalan Raya Jakarta Bogor tepatnya di depan Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur terendam banjir, Senin (19/6/2023). Video kondisi jalan tersebut viral, salah satunya diunggah di akun Instagram @jktinfo.

Dalam video tersebut disebutkan bahwa banjir diakibatkan meluapnya air di kali depan Pasar Induk. Tak hanya di depan Pasar Induk Kramat Jati, banjir juga merendam kawasan lampu merah HEK.

"Banjir karena air kali meluap dan tanggul jebol menggenangi Jalan HEK, Jakarta Timur. Arus lalu lintas padat dari arah Cijantung hingga lampu merah HEK maupun Jalan Garuda TMII hingga lampu merah HEK. Selalu berhati-hati dan tetap waspada," tulis informasi di akun tersebut.

Pada Senin, Jakarta juga diketahui diguyur hujan yang cukup deras.

Baca Juga: KLHK: Kondisi Udara Jakarta sedang Tidak Sehat, Yuk Pakai Masker!

1. Pengendara nekat terobos banjir

Kali Induk Kramat Jati Meluap, Jalan Raya Jakarta Bogor BanjirLuapan air depan Pasar Kramat Jati. (instagram.com/jktinformasi)

Sejumlah pengguna jalan baik mobil atau sepeda motor nekat menerjang banjir. Namun ada juga yang memilih balik arah untuk menghindari genangan air.

Sejumlah petugas berbaju oranye juga tampak membantu pengendara motor lain yang mogok karena nekat menerobos banjir di jalan tersebut.

Baca Juga: Ini Harga Tiket Masuk Pekan Raya Jakarta 2023, Lansia dan Anak Gratis!

2. Banjir akibat luapan air di Kali Baru Kramat Jati

Kali Induk Kramat Jati Meluap, Jalan Raya Jakarta Bogor BanjirLuapan air depan Pasar Kramat Jati. (instagram.com/jktinformasi)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan, genangan air yang berada di depan Pasar Kramat Jati itu disebabkan oleh luapan kali induk Kramat Jati. Pihaknya sudah menerjunkan 10 personel untuk mengatasinya.

"Tim BPBD dibantu PPSU dan Dinas SDA sedang melakukan langkah-langkah mengatasi genangan, salah satunya penyedotan dengan mobil penyedotan," ujarnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Kasus Kebocoran Data ESDM Disebut Naik Penyidikan di Polda Mero Jaya

3. Air berangsur akan surut

Kali Induk Kramat Jati Meluap, Jalan Raya Jakarta Bogor BanjirLuapan air depan Pasar Kramat Jati. (instagram.com/warungjurnalis)

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal, membenarkan banjir yang merendam Jalan Raya Bogor di depan Pasar Kramat Jati akibat meluapnya air di tanggul yang tidak bisa menampung air dari hulu.

"Air sudah meluap melewati tanggul," ucapnya.

Yusmada menyampaikan bahwa volume air saat ini berangsur-angsur surut.

Baca Juga: Penyelidik KPK Periksa Mentan Syahrul Yasin Limpo Hari Ini

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya