Jelang Demo, Lalu-Lintas Depan Gedung MK Ramai Lancar

Ribuan aparat sudah bersiaga di sekitar gedung MK

Jakarta, IDN Times - Menjelang demonstrasi di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), situasi lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat terpantau ramai lancar, Kamis (22/8/2024).

Pantauan IDN Times, massa demonstran rombongan dari Forum Guru Besar, akademisi, Pro Demokrasi, Masyarakat Sipil, dan aktivis '98 belum tiba.

Diketahui, sejumlah guru besar, ilmuwan politik, ahli hukum tata negara, akademisi lainya, dan aktivis pro demokrasi, yang didukung penuh aktivis '98 rencananya siap mengawal keputusan MK Nomor 60 soal ambang batas pencalonan Pilkada 2024.

Akademisi dan aktivis pro demokrasi mengungkapkan dalam tiga hari ini tensi politik Indonesia sangat memprihatinkan, karea tragedi konstitusional sesungguhnya sedang terjadi.

"Putusan MK vs Revisi UU oleh DPR telah menjadi problem konstitusional yang serius. Ada semacam pembegalan terhadap demokrasi dan pelanggaran terhadap konstitusi. Demokrasi Indonesia telah bangkrut," tulis mereka dalam keterangan tertulis, Rabu (21/8/2024).

Mereka menyatakan siap bergerak menuju MK untuk selamatkan demokrasi hari ini.

"Kami para guru besar, para ilmuwan politik, ahli hukum tata negara, para akademisi lainya, para aktivis pro demokrasi, dll yang didukung penuh aktivis '98 akan bergerak melakukan perlawanan menuju gedung MK untuk selamatkan demokrasi dan selamatkan republik," ujar mereka.

Baca Juga: 3.200 Aparat Gabungan Amankan Demo di DPR Hingga MK

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya