Hujan Guyur Jakarta, Pintu Air Angke Hulu Berstatus Waspada

Hujan turun mengguyur sebagian wilayah Ibu kota

Jakarta, IDN Times - Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Ibu Kota Jakarta membuat Pintu Air Angke Hulu berstatus waspada atau siaga 3.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan tinggi permukaan air di Angke Hulu berstatus waspada, sementara Katulampa dan Manggarai, Cipinang, berstatus normal.

"Update tinggi muka air, Senin 6 November 2023 pukul 00.00 WIH, waspada atau siaga tiga Angke Hulu," tulis keterangan tertulis dari BPBD DKI, Senin (6/11/2023).

1. Genangan air sudah surut

Hujan Guyur Jakarta, Pintu Air Angke Hulu Berstatus WaspadaPetugas pemadam kebakaran bersama warga mengevakuasi korban banjir dengan perahu karet di Petogogan, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022 siang membuat sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Isnawa menerangkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (04/11/2023) dan Minggu (05/11/2023), menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta.

"BPBD mencatat hingga Minggu pukul 23:59 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," paparnya.

Baca Juga: IKN Banjir Investasi, Jokowi Groundbreaking 9 Proyek pada Desember

2. Masyarakat diimbau tetap waspada

Hujan Guyur Jakarta, Pintu Air Angke Hulu Berstatus WaspadaIlustrasi - Petugas menggendong salah seorang warga korban banjir di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Isnawa mengatakan kondisi ini merupakan upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PPSU Kelurahan yang telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. 

Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lainnya.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop," terangnya.

3. Sebanyak 18 RT masih tergenang

Hujan Guyur Jakarta, Pintu Air Angke Hulu Berstatus WaspadaSejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022 siang membuat sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya BPBD melaporkan sebanyak 18 RT masih tergenang hingga pukul 15.00 WIB, Minggu (5/11/2023) imbas hujan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur pada Sabtu (4/11/2023).

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 54 RT, saat ini menjadi 18 RT atau 0,058 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar keterangan resmi BPBD DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta merinci, 18 RT yang masih tergenang ini semuanya terletak di Jakarta Timur. Pertama di Kelurahan Cililitan dengan jumlah satu RT dan tinggi air mencapai 60 cm.

Kemudian, ada Kelurahan Cawang dengan jumlah lima RT dan tinggi air mencapai 40 sampai 70 cm, Kelurahan Bidara Cina dengan jumlah dua RT dan tinggi air mencapai 40 cm, serta Kelurahan Kampung Melayu dengan jumlah 10 RT dan tinggi air mencapai 50 sampai 100 cm.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Memicu Celaka

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya