Heru Cek Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai Ciliwungu di Rawajati

Warga RW 7 Rawajati Pancoran bebas banjir tahun ini

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau lahan yang telah dibebaskan untuk normalisasi Sungai Ciliwung di RW 7, Rawajati, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024). 

Pantauan IDN Times, warga Rawajati menyambut kedatangan Heru. Salah satu warga yang lahan terdampak yakni Siti Aminah. Dia mengucapkan terima kasih pada Heru karena rumahnya dapat ganti untung dan pindah di kawasan yang tidak terdampak banjir.

"Alhamdulillah terima kasih Pak Gubernur, kami semua di sini ganti untung," ujar Siti pada Heru.

1. Hak warga sudah dibayarkan

Heru Cek Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai Ciliwungu di RawajatiPenjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau lahan pelebaran Kali Ciliwung di, Pancoran, Jaksel, Jumat (17/5/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru mengatakan peninjauan kembali Rawajati ini merupakan penyempurnaan dari proses administrasi yang sudah berjalan sejak satu tahun lalu. Heru menegaskan hak-hak warga yang terdampak normalisasi sungai Ciliwung.

"Hari ini tadi kita sudah mendengar dari warga langsung, semua warga secara langsung sudah dibayar hak-hak kepemilikan tanahnya. Saya ucapkan terima kasih terutama kepada tokoh masyarakat, dan khususnya kepada warga yang bisa langsung berkomunikasi dengan pak lurah," kata Heru.

 

Baca Juga: Heru Budi Akan Bangun Pulau Sampah di Utara Laut Jakarta

2. RW 7 bebas banjir tahun ini

Heru Cek Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai Ciliwungu di Rawajatiilustrasi Normalisasi Sungai Ciliwung (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sementara Plt Kepala Dinas SDA Ika Agustin menerangkan lahan yang berhasil dibebaskan meliputi 15,31 meter persegi dengan panjang 965 meter yang meliputi RW 1, RW dan RW 7.

"RW 7 ini pembayaran sudah selesai, berarti mereka akan terbebas dari banjir tahun ini," kata Ika.

Baca Juga: Heru Minta Dishub DKI Tertibkan Tukang Parkir Liar secara Manusiawi

3. Warga dukung pembebasan lahan

Heru Cek Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai Ciliwungu di Rawajatiilustrasi Normalisasi Sungai Ciliwung (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ika menerangkan warga RW 7 Rawajati sangat mendukung pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Ciliwung. Untuk itu, komunikasi antara pemerintah daerah dan warga harus intens.

"Proses pembebasan lahan itu, komunikasi antara pemerintah daerah dan warga masyarakat itu benar-benar harus komunikatif banget, saling membantu. Lancar, lho, tapi memang perlu proses tapi selesai di Rawajati RW 7," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya